Pengumuman PMDK-PN 2019/2020

Pengumuman PMDK-PN 2019 -- Pengumuman Kelulusan PMDK-PN, Pengumuman Hasil Seleksi PMDK-PN, Cara Melihat Pengumuman PMDK-PN, Pengumuman Hasil PMDK-PN, Pengumuman Online PMDK-PN,  Situs Resmi Pengumuman PMDK-PN : www.pmdk.politeknik.or.id. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pengumuman PMDK-PN 2019/2020. Informasi ini diberikan untuk melengkapi informasi sebelumnya tentang Pendaftaran Online PMDK-PN. Untuk mengetahui informasi selengkapnya. Mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

PMDK-PN atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri adalah jalur seleksi undangan untuk masuk ke Politeknik Negeri se Indonesia.

Seleksi jalur PMDK-PN ini dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada penilaian prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.

Jalur PMDK-PN ini merupakan jalur seleksi pertama yang dibuka secara bersamaan oleh Polteknik Negeri dimana panitia penyelenggaranya adalah panitia nasional. Setelah jalur ini maka akan dibuka jalur UMPN, jalur mandiri atau jalur lainnya oleh Politeknik penyelenggara.

Dalam melakukan proses seleksi, panitia penyelenggara menggunakan prinsip dan mekanisme seleksi PMDK-PN seperti berikut ini.

Prinsip, Mekanisme Seleksi, dan Kriteria Penerimaan

Prinsip Seleksi
  • Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional.
  • Seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan kinerja sekolah.
  • Seleksi dilaksanakan secara objektif dan adil dengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh Politeknik Negeri masing-masing.
  • Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung apabila peserta tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu:
  • Tahap pertama, peserta akan diseleksi di Politeknik Negeri pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Apabila peserta tidak terpilih pada Politeknik Negeri pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di Politeknik Negeri pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Kriteria Penerimaan
  • Lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan
  • Lulus seleksi PMDK-PN tahun ini.
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Politeknik penerima.

Dengan prinsip dan mekanisme seleksi tersebut, serta didasarkan pada kriteria penerimaan yang telah ditetapkan, diharapkan akan mendapatkan mahasiswa baru yang memiliki kualitas unggul di bidang akademik atau bidang lainnya.

Apabila anda dapat memenuhi ketentuan-ketentuan di atas, maka anda memiliki peluang untuk bisa dinyatakan lulus seleksi PMDK-PN

Setelah beberapa waktu yang lalu mengikuti seleksi PMDK-PN, sekarang tiba saatnya untuk melihat pengumuman PMDK-PN. Sebagai pengingat bahwa pengumuman PMDK-PN akan diumumkan secara online sesuai tanggal yang telah ditentukan.

Bagi anda yang merasa kesulitan atau membutuhkan panduan dalam melakukan pengecekan kelulusan jalur PMDK-PN, maka admin akan memberikan panduan tersebut untuk anda. Mari simak berikut ini.

Sebagai pengingat bahwa pengumuman PMDK-PN akan diumumkan secara online pada tanggal yang telah ditetapkan.

Tata Cara Melihat Pengumuman PMDK-PN
  • Buka alamat berikut : pmdk.politeknik.or.id
  • Kemudian klik halaman pengumuman
  • Muncul halaman seperti berikut ini.
  • Kemudian anda diminta mengisi kolom Pencarian Berdasarkan Nomor Pendaftaran atau Nama
  • Isi kolom tersebut dan kode captcha yang terlihat lalu klik "cari"
  • Kemudian sistem akan memberikan keterangan tentang kelulusan anda. Silahkan anda baca dengan teliti apakah anda dinyatakan lulus seleksi atau tidak.

Catatan :
  • Pastikan ketika anda melakukan pengecekan hasil seleksi PMDK-PN, sistem tidak sedang mengalami error / ganguan.
  • Bagi peserta yang dinyatakan diterima di Politeknik tujuannya, silahkan melakukan pendaftaran ulang di Politenik tersebut.
  • Bagi pendaftar PMDKPN yang juga melamar sebagai peserta BIDIKMISI, keputusan DITERIMA BIDIKMISI atau TIDAK DITERIMA tergantung dari evaluasi masing-masing Politeknik. Dengan kata lain, apabila anda DITERIMA di Politeknik tujuan, BELUM TENTU DITERIMA BIDIKMISI JUGA
  • Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi, silahkan mengikut seleksi jalur UMPN, jalur mandiri atau jalur lainnya yang dibuka oleh Politeknik tujuan anda.

Ucapan selamat dan terus berjuang admin ucapkan untuk anda yang dinyatakan lulus seleksi PMDK-PN, dan ucapan tetap semangat, jangan menyerah, dan terus berjuang admin sampaikan pada peserta yang dinyatakan tidak lulus PMDK-PN.

Baca Juga : Pengumuman Hasil Seleksi PMDK-PN , Pengumuman Kelulusan PMDK-PN

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pengumuman PMDK-PN. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan panduan dan pencerahan untuk anda semua.

Admin mengucapkan terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi di web ini. Jangan lupa untuk terus kunjungi web ini untuk mendapatkan informasi update lainnya. Cukup sekian info dari admin dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.