Pendaftaran Online TPBI 2019/2020

penerimaan.spmb.or.id 2019 -- Pendaftaran TPBI Online, Info TPBI, Pendaftaran TPBI Universitas, Pendaftaran Online TPBI P-SPMBN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), Cara Daftar TPBI Online, Pendaftaran TPBI, Tes Penjajakan Bidang Ilmu, Tes Potensi Bidang Ilmu, 2021. 2022.

Pada kesempatan uni admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online TPBI 2019/2020. Informasi ini diberikan sebagai bahan tambahan untuk melengkapi informasi sebelumnya. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

P-SPMBN atau Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara adalah organ penyelenggara berbagai jenis seleksi baik seleksi penerimaan mahasiswa baru atau tes untuk menguji kemampuan, minat, dan bakat siswa.

Jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh P-SPMBN terdiri dari UMB-PT dan UMB-PTS. UMB-PT merupakan jalur tes tertulis penerimaan mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, sedangan UMB-PTS adalah jalur tes tertulis penerimaan mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Swasta.

Untuk  menguji tingkat kemampuan, minat, dan bakat siswa, P-SPMBN menyelenggarakan suatu tes yang dinamakan dengan Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI).

TPBI ini diselenggarakan berkat kerjasama P-SPMBN dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Saat ini, hanya ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang bekerja sama dengan P-SPMBN.

Dengan tes TPBI ini, maka nantinya dapat diketahui tingkat kemampuan, minat dan bakat siswa, sehingga siswa tersebut nantinya ketika akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, maka dapat memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat yang dimilikinya.

Perlu diketahui bahwa TPBI bukanlah jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta, namun untuk siswa yang telah mengikuti TPBI, nantinya akan diberi sertifikat TPBI. Sertifikat TPBI tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan penerimaan mahasiswa baru di PTN atau PTS tujuan anda.

Untuk mendaftar TPBI, maka dapat mekukannya dengan mengikuti ketentuan-ketentuan yang admin jelaskan berikut ini.

A. Persyaratan Pendaftaran TPBI
  • Siswa SMTA kelas 12 Semester 1, tanpa memperhatikan peringkat (ranking) di kelas.
  • Peserta hanya dapat memilih lokasi ujian sesuai dengan PTN pilihannya

Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan langkah-langkah atau tata cara sebagai berikut.

B. Tata Cara Pendaftaran TPBI
  1. Buka alamat berikut : http://penerimaan.spmb.or.id
  2. Klik Registrasi untuk mengisi data diri anda (anda harus memiliki alamat email yang valid) untuk membuat Account Pendaftaran baru.
  3. Isi kota yang tersedia dengan data diri yang sebenarnya
  4. Setelah registrasi berhasil, Sign In dengan mengisi Kotak E-mail dan Password dengan alamat email dan password yang dimasukkan saat Registrasi (langkah 3)
  5. Isikan kotak E-mail dan Password lalu klik Submit
  6. Klik Uplod Foto
  7. Klik Browse untuk mengambil foto anda dari file (berupa JPG/JPEG), kemudian klik upload
  8. Klik Menu Pilihan Ujian TPBI,
  9. Klik Menu Pilihan Ujian TPBI Pilih Perguruan Tinggi, Kelompok Ujian, klik pernyataan dan simpan. 
  10. Klik Pilih Panitia Lokal Ujian TPBI, Pilih Panitia Lokal Ujian, klik pernyataan dan simpan.
  11. Klik Pilih Area Ujian TPBI 
  12. Klik Bukti Pra Registrasi
  13. Klik Cetak Bukti Daftar
  14. Klik Download Bukti Pra Registrasi
  15. Print Bukti Pra Regsitrasi, Nomor Pra Regsitrasi digunakan untuk melakukan pembayaran di Bank BNI melalui Teller/ATM BNI/Internet Banking Personal BNI
  16. Setelah melakukan pembayaran, cetak Kartu Ujian TPBI, dengan cara berikut :
    • Klik penerimaan.spmb.or.id kemudian Sign In kembali dengan email dan password Anda 
    • Akan muncul halaman baru dan setelah tampil halaman baru lalu klik TPBI
    • Kemudian tampil laman baru lalu klik Kartu Ujian TPBI

Itulah tata cara pendaftaran yang dapat anda ikuti ketika melakukan proses pendaftaran TPBI. Selanjutnya anda perlu mengetahui nama-nama PTN yang dapat anda pilih ketika melakukan pendaftaran TPBI. Berikut daftar PTN selengkapnya.

C. Pilihan PTN pada TPBI
  1. TPBI Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  2. TPBI Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  3. TPBI Universitas Sumatera Utara (USU)
  4. TPBI Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  5. TPBI Universitas Jambi (UNJA)
  6. TPBI Universitas Borneo Tarakan (UBT)

D. Jadwal Pelaksanaan TPBI
  • Pendaftaran online TPBI dibuka sekitar bula Oktober atau November seperti tahun sebelumnya. Untuk informasi update, silahkan tunggu saja disini nanti.

E. Lokasi Ujian TPBI

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa peserta hanya dapat memilih lokasi ujian sesuai dengan PTN pilihannya. Peserta dapat memilih lokasi ujian pada saat melakukan registrasi online. Ada 6 pilihan PTN yang dapat anda pilih sebagai lokasi ujian yaitu di Lhoksemawe (UNIMAL), Banda Aceh (UNSYIAH), Medan (USU dan UNIMED), Jambi (UNJA) , dan Tarakan (UBT).

Selain lokasi di PTN tersebut, masih ada lokasi lain yang ditetapkan oleh PTN yang bersangkutan sebagai tempat pelaksanaan tes TPBI.

F. Materi Ujian TPBI

Materi yang akan diujikan pada saat mengerjakan soal TPBI terdiri dari materi SMA / Sederajat yang dikelompokkan mengikuti pengelompokan bidang ilmu di pendidikan menengah atas, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berikut rincian selengkapnya :
  • Kemampuan Dasar, meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA , meliputi : Fisika, Kimia, dan Biologi
  • Kemampuan IPS, meliputi : Ekonomi, Geografi, Sejarah

Dengan mengetahui kelompok materi-materi tersebut, maka anda tentu dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi TPBI. Dengan persiapan diri tersebut, semoga anda dapat meraih hasil tertinggi sesuai harapan anda.

G. Biaya Pendaftaran TPBI

Setiap peserta yang akan mengikuti TPBI diharuskan membayar biaya seleksi. Besarnya biaya yang harus dibayar oleh peserta tergantung pada ketentuan kelompok ujian, lokasi ujian, dan pilihan PTN. Berikut rincian informasinya :

Kelompok Lokasi Ujian Pilihan PTN Biaya Pendaftaran
IPA/IPS Lhokseumawe UNIMAL Rp. 325.000,-
Banda Aceh UNSYIAH Rp. 325.000,-
USU Medan USU Rp. 350.000,-
UNIMED Medan UNIMED Rp. 350.000,-
Jambi UNJA Rp. 300.000,-
Tarakan UBT Rp. 300.000,-

Itulah infomasi tentang Pendaftaran TPBI. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi SPMB.

Silahkan Baca Juga Informasi Terkait:

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Online TPBI. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerakan untuk anda dalam persiapan pendaftaran TPBI. 



Catatan Penting!!! Pada tahun lalu TPBI  ini tidak dibuka, namun untuk tahun ini belum tahu kepastiannya. Untuk info lebih lanjut silahkan tanyakan langsung di kampus anda yang membuka tes TPBI.

Ayo turut bagikan juga informasi ini kepada teman anda yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.

Admin turut mendoakan semoga anda semua bisa mengikuti TPBI dengan baik dan nantinya akan memperoleh hasil semaksimal mungkin. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yang selalu berkunjung setiap hari. Kita sama-sama berdoa semoga kesuksesan dapat kita raih semuda mungkin. Amin.