Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB 2019/2020

www.ubb.ac.id 2019 -- PMB UBB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UBB, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB, Registrasi Mahasiswa Baru UBB, Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB, Pendaftaran Online UBB, Penerimaan Online UBB, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Bangka Belitung, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Bangka Belitung yang disingkat UBB adalah sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) yang terletak di kota Bangka Belitung, Indonesia.

Lokasi Universitas Bangka Belitung (UBB) tepatnya di Kampus Terpadu Balun Ijuk Merawang Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, Indonesia.

Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi didirikan pada 12 April 2006 dan diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 21 November 2010 bersamaan dengan 2 kampus lainnya yaitu Universitas Borneo Tarakan (UBT), dan Universitas Musamus (UNMUS).

Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi berdiri pada tanggal 12 April 2006. Pendirian ini didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 52/ /O/ 2006 tertanggal 12 April 2006.

Pendirian Universitas Bangka Belitung (UBB) merupakan hasil "penyatuan" dari Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12).

Pada tanggal 21 November 2010, Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi berunag stastus dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Bangka Belitung (UBB), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Jurusan Akuntansi, dan Jurusan Manajemen
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Pertambangan
  • Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi terdiri dari Jurusan Agribisnis, Jurusan Agroteknologi, Jurusan Biologi, Jurusan Budidaya Perairan, Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Jurusan Ilmu Hukum
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Jurusan Ilmu Sosiologi

Dari beberapa Fakultas dan Jurusan yang telah ada di Universitas Bangka Belitung (UBB), mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di Universitas Bangka Belitung (UBB).

Anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Bangka Belitung (UBB). Dengan begitu, maka anda dapat memilih jalur mana yang akan anda ikuti.

Pada tahun ini. Universitas Bangka Belitung (UBB) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Seperti kita ketahui bahwa jalur nasional PTN terdiri dati jalut SNMPTN dan SBMPTN.

Baiklah, langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Bangka Belitung (UBB). Perhatikan dengan baik penjelasannya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UBB

Universitas Bangka Belitung (UBB) adalah salah satu Perguruan Tinggi yang melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN.

Seperti kita ketahui bahwa SNMPTN disebut juga sebagai jalur seleksi undangan yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswa yang secara konsisten berprestasi di setiap semester.

Seleksi SNMPTN didasarkan pada penilaian nilai rapor siswa yang dilihat mulai dari nilai rapor kelas X hingga kelas XII semester 1. Jadi penilaian nilai rapor selama 5 semester serta prestasi lain yang sesuai.

Untuk peserta yang akan mendaftarka diri mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka peserta tersebut terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah mendaftarkan para siswa berpestasinya di pdss.snmptn.ac.id. Setelah mendapatkan rekomendasi, barulah siswa dapat melakukan pendaftaran online SNMPTN melalui alamat www.snmptn.ac.id.


Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, daln lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UBB

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, Universitas Bangka Belitung (UBB) juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian keterampilan yang merupakan ujian tambahan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga. Jadi untk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti 2 kali ujian.

Untuk pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat web www.sbmptn.ac.id. Keterangan lain telah tersedia pada alamat web tersebut atau dapat anda baca langsung pada artikel kami Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi UBB

Seperti kebanyakan pada Perguruan Tinggi lainnya, UBB juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menyalurkan program Bantuan kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program Bidikmisi.

Bidikmisi disebut juga sebagai biaya bantuan, yaitu biaya bantuan yang diberikan oleh Dikti kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi finansial, dan juga calon mahasiswa tersebut juga harus memiliki kemampuan akademik yang memadai sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut nantinya dapat menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Jalur Bidikmisi UBB terdiri dari jalur Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, dan Bidikmisi Jalur Mandiri UBB. Silahkan anda pilih sesuai ketentuan yang berlaku.

Keterangan lain seperti panduan pendaftaran untuk sekolah dan siswa, persyaratan pendaftaran, jadwal seleksi, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel kami : Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UBB

Jalur mandiri UBB adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh Universitas Bangka Belitung untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur mandiri ini dapat juga disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang ingin kuliah di UBB, mengapa disebut sebagai jalur alternatif? karena jalur ini dilaksanakan setelah jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jika anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka anda masih memiliki kesempatan untuk mengikuti selksi masuk melalui jalur mandiri UBB.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri UBB
  1. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran di alamat : http://si.ubb.ac.id/siak/app.pmb
  2. Kemudian pilih jalur seleksi mandiri
  3. Kemudian dapat memilih jalur mandiri Bidikmisi atau jalur mandiri saja.
    • Jika memilih jalur mandiri saja, maka isi formulir pendaftaran yang tersedia kemudian membayar biaya seleksi di Bank. Setelah membayar kemudian akan mendapatkan nomor bukti transakti.
    • Jika memilih jalur mandiri Bidikmisi, maka calon mahasiswa harus melakukan klarifikasi pendaftaran ke panitia PMB UBB untuk mendapatkan username dan password dengan syarat NISN dan Nomor Bukti Transaksi.
  4. Jika telah memiliki nomor bukti transakti, selanjutnya calon mahasiswa login kembali ke situs PMB UBB untuk melengkapi data pendaftaran
  5. Setelah melengkapi data pendaftaran, cetaklah kartu tanda peserta ujian mandiri UBB
  6. Bawa kartu tersebut saat ujian berlangsung.

Informasi lain mengenai jalur mandiri UBB yang belum disampaikan pada artikel ini dapat anda baca langsung diwebsite resmi UBB, yaitu www.ubb.ac.id

Info : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UBB.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini. Semoga dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya.

Ayo turut bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara tekan tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendakan semoga ada bisa lulus seleksi masuk Universitas Bangka Belitung (UBB) melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini, semoga kita semua selalu mendapatkan kesuksesan sepanjang hidup. Amin.