Pendaftaran Mahasiswa Baru UT 2019/2020

www.ut.ac.id 2019 -- SPMB UT, PMB UT, Registrasi Online Maba Universitas Terbuka (UT), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UT, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru UT Program Pendas dan Non Pendas, Persyaratan Pendaftaran Universitas Terbuka (UT), Universitas Terbuka, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UT 2019/2020. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran Pendaftaran Mahasiswa Baru UT. Informasi selengkapnya dapat anda simak dibawah ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang telah diresmikan pada 4 September 1984 yang didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Moto dari Universitas Terbuka (UT) Membuka Akses Pendidikan Tinggi untuk Semua.

Program Pendidikan yang diselenggarakan di Universitas Terbuka (UT) terdiri dari 2 program, yaitu Program Pendas dan Program Non-Pendas.
  1. Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum kecuali program Non-Pendas FKIP. Program Non-Pendas FKIP hanya dapat diikuti oleh mereka yang sudah bekerja sebagai guru.
  2. Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus bagi para guru SD dan guru PAUD. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendas adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Cara belajar yang diterapkan di Universitas Terbuka (UT) yaitu menggunakan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Cara belajar seperti ini mengharapkan mahasiswa harus aktif belajar secara mandiri menggali ilmu pengetahuan.

Pada saat ini, Universitas Terbuka (UT) telah memiliki banyak fakultas dan program studi, baik jenjang Diploma, Sarjana, Pascasarjana, maupun program Sertifikasi. Berikut akan diberikan informasi Program Studi dari beberapa Fakultas yang ada di UT.

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD)
  • Program Sertifikat terdiri dari program studi Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Administrasi Pemerintahan Daerah

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Statistika, Matematika, Biologi, Ilmu dan Teknologi Pangan, Agribisnis, Perencanaan Wilayah dan Kota Bidang Minat Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PWKL)

Fakultas Ekonomi (FEKON)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Administrasi Negara, Administrasi Bisnis, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Sosiologi, Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
  • Program Diploma 4 (D4) Kearsipan
  • Program Diploma 3 (D3) Perpajakan
  • Program Diploma 2 (D2) Perpustakaan

Program Magister Ilmu Administrasi
  • Bidang Minat Administrasi Publik
  • Program Magister Manajemen
  • Bidang Minat Manajemen Keuangan
  • Bidang Minat Manajemen Pemasaran 
  • Bidang Minat Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Bidang Minat Manajemen Pendidikan

Program Magister Ilmu Kelautan
  • Bidang Minat Manajemen Perikanan
  • Program Magister Pendidikan Matematika
  • Program Magister Pendidikan Dasar

Program Sertifikat
  • Program Sertifikat Administrasi Pemerintahan Desa
  • BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)
  • Program Sertifikat Ketatausahaan Sekolah
  • Program Sertifikat Statistika bagi Aparatur Pemerintahan Desa
  • Program Sertifikat Akuntansi Keuangan Daerah
  • Program Sertifikat Karya Ilmiah untuk Guru

Itulah sedikit informasi tentang Universitas Terbuka (UT). Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda terutama bagi yang ingin kuliah di Universitas Terbuka (UT).

Pada tahun ini, Universitas Terbuka (UT) kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru baik jenjang Diploma, Sarjana, maupun Pascasarjana melalu beberapa jalur. Informasi mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) akan dijelaskan berikut ini.

1. Pendaftaran UT Jalur SPMB

Universitas Terbuka (UT) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam suatu jalur seleksi nusantara yang dikenal dengan nama SPMB. SPMB ini dikelola oleh suatu organ yang disebut dengan P-SPMBN.

P-SPMBN menyelenggarakan 2 jenis seleksi yaitu UMB-PT dan UMB-PTS, dan 1 jenis tes yaitu TPBI. Universitas Terbuka (UT) tergabung dalam jenis seleksi UMB-PT. Bagi anda yang ingin kuliah di Universitas Terbuka (UT), maka bisa mengikuti jalur seleksi UMB-PT.

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta UMB-PT.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id. Informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTN lain pada UMB-PT, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran UMB-PT.

Catatan : Jalur ini saat ini telah ditutup. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di website resmi

2. Pendaftaran Program Non Pendidikan Dasar (Non Pendas) / Reguler UT

Bagi anda yang ingin kuliah di Universitas Terbuka (UT) untuk Program Non Pendidikan Dasar / Reguler, maka dapat mendaftar mengkuti jalur penerimaan mahasiswa baru Program Non Pendidikan Dasar / Reguler.

Tata cara pendaftaran Program Non Pendidikan Dasar / Reguler
  1. Pendaftar login ke website Universitas Terbuka (UT) yaitu www.ut.ac.id
  2. Pilih menu registrasi online pada pilihan sebelah kiri.
  3. Memilih jenis program, pilih Program Non Pendidikan Dasar / Reguler.
  4. Selanjutnya melakukan pengisian data secara lengkap dan benar. Data-data yang harus diisi berupa :
    • Nomor Account (Account Number)
    • Alamat EMail (E-Mail Address)
    • Tulis Password (Password)
    • Tulis Kembali Password (Re-Type Password)
  5. Nama Lengkap (Full Name), kemudian mengisi kolom dengan Tuliskan seluruh angka yang terdapat pada gambar yang diberikan (Type the numbers from the picture).
  6. Setelah mengisi semua data, jangan lupa untuk mengecek sekali lagi.
  7. Terakhir klik Daftar

3. Pendaftaran Program Pendidikan Dasar (Pendas) UT

Bagi anda yang ingin kuliah di Universitas Terbuka (UT) dan memilih Program Pendidikan Dasar, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru UT untuk Program Pendidikan Dasar.

Tata cara pendaftaran Program Pendidikan Dasar (Pendas)
  1. Pendaftar login ke website Universitas Terbuka (UT) yaitu www.ut.ac.id
  2. Pilih menu registrasi online pada pilihan sebelah kiri.
  3. Memilih jenis program, pilih Program Pendidikan Dasar
  4. Akan muncul 3 pilihan yaitu Aktivasi, Registrasi Mata Kuliah, dan Informasi. Menu aktivasi digunakan untuk melakukan aktivasi mahasiswa yang sudah terdaftar dan sudah memiliki NIM yang ingin masuk ke program keguruan atau pendas Universitas Terbuka. Silahkan isi NIM, tanggal lahir serta email untuk mendapatkan password yang digunakan untuk melakukan registrasi mata kuliah. Email yang digunakan sebaiknya email google (Gmail). Bagi yang belum mempunyai email, silahkan buat email, caranya klik disini.
  5. Selanjutnya melakukan Registrasi Mata Kuliah yang akan diambil oleh mahasiswa untuk setiap semester. Silahkan login menggunakan NIM dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  6. Setelah login, isi semua formulir isian yang tersedia
  7. Setelah berhasil melakukan registrasi mata kuliah, selanjutnya mahasiswa dapat langsung mencetak tagihan (billing) dan silahkan membayar ke bank yang telah menjadi mitra dari Universitas Terbuka yaitu Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Mandiri.

4. Pendaftaran Program Pascasarjana UT

Bagi yang ingin kuliah jenjang pascasarjana di Universitas Terbuka (UT), silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur yang dibuka. Penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana di UT terbagi menjadi 2 versi, yaitu penerimaan mahasiswa jenjang Magister versi bahasa Indonesia dan bahasan Inggris.

Tata cara pendaftaran mahasiswa baru jenjang Pascasarjana UT
  1. Pendaftar login ke website Universitas Terbuka (UT) yaitu www.ut.ac.id
  2. Pilih menu registrasi online pada pilihan sebelah kiri. 
  3. Kemudian memilih jenis program, pilih Program Pacasarjana.
  4. Pilih Jenjang Magister
  5. Selanjutnya melakukan pengisian data secara lengkap dan benar. Data-data yang harus diisi berupa :
    • Nomor HP (Mobile Number)
    • Alamat EMail (E-Mail Address)
    • Tulis Password (Password)
    • Tulis Kembali Password (Re-Type Password)
  6. Nama Lengkap (Full Name), kemudian mengisi kode verifikasi.
  7. Setelah mengisi semua data tersebut, jangan lupa untuk mengecek sekali lagi.
  8. Terakhir klik Daftar

Setelah melakukan pendaftaran di atas, maka anda akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi nomor akun dan password. Selanjutnya anda dapat menggunakan nomor akun dan password tersebut untuk login.

5. Pendaftaran Program Pendidikan Berkelanjutan UT 

Bagi anda yang ingin kuliah dan memilih Program Pendidikan Berkelanjutan, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Pendidikan Berkelanjutan.

Program Pendidikan Berkelanjutan di UT terbagi menjadi 2, yaitu bahasa Indonesia Bagi Penutur Bahasa Asing (dalam proses pengembangan) dan Program Sertifikat. Silahkan anda pilih salah satu program tersebut, lalu lakukan pendaftaran secara online.

Setelah mendaftar secara online, selanjutnya anda akan mendapatkan konfirmasi melalui email yang berisi nomor akun dan password. Selanjutnya anda dapat menggunakan nomor akun dan password tersebut untuk login untuk melanjutkan proses pendaftaran berikutnya.

Untuk informasi lain yang belum dimuat disini yang berkaitan dengan pendaftaran UT, silahkan anda akses langsung di alamat websiter resmi UT di www.ut.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di web resmi UT.

Baca juga : Pendaftaran PTN lainnya

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UT. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda yang ingin kuliah di UT.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UT. Admin juga mengucapkan terima kasih untuk pengunjung setia web in yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada.

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan informasi ini dengan cara klik tombol G+1 yang tersedia. Mari kita sama-sama berdoan semoga jalan kesuksesan dapat terbuka lebar dan kita bisa meraih kesuksesan semuda mungkin. Amin.