Pendaftaran PPNS 2019/2020 (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)

pmb.ppns.ac.id 2019 -- PMB PPNS, Pendaftaran PPNS Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru PPNS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PPNS, Pendaftaran Maba PPNS, Pendaftaran D3/D4 PPNS, Penerimaan Maba PPNS,Jalur PMDK-PN, PMDK-PPNS, UMPN, Bidikmisi, Jalur Mandiri, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. 2021. 2022.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran PPNS 2019/2020 (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya). Informasi ini dutujukan bagi anda yang ingin kuliah di PPNS. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya atau disingkat dengan nama PPNS adalah Politeknik Negeri Perkapalan yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, tepatnya terletak di Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111, Jawa Timur, Indonesia.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan Politeknik Negeri yang berfokus pada Bidang Perkapalan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa jurusan dan program studi yang ada di PPNS.

Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) terdiri dari :
  • Program Diploma IV, bergelar Sarjana Sains Terapan (SST) terdiri dari : D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, D4 Teknik Desain dan Manufaktur, D4 Teknik Pengelasan, D4 Teknik Perpipaan, D4 Teknik Otomasi, D4 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal, D4 Teknik Permesinan Kapal, D4 Teknik Kelistrikan Kapal, D4 Teknik Pengolahan Limbah, dan D4 Manajemen Bisnis Terapan.
  • Progam Diploma III, bergelar Ahli Madya (A.Md) terdiri dari : D3 Teknik Bangunan Kapal, D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi  Kapal, D3 Teknik Permesinan Kapal, D3 Teknik Kelistrikan Kapal.

Dari beberapa program studi yang ada di PPNS tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru PPNS.

Ketika anda ingin kuliah di PPNS, maka anda harus mengetahui jalur masuk atau jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh PPNS.

Pada tahun ini PPNS kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK-PN, PMDK-PPNS, UMPN, dan jalur mandiri. Informasi selengkapnya mengenai pembahasan jalur-jalur tersebut akan diberikan berikut ini.

Persyaratan Umum Pendaftaran Mahasiswa Baru PPNS semua jalur.
  1. Warga Negara Indonesia, berbadan sehat dan bebas narkoba.
  2. Tidak buta warna (kecuali untuk Program Studi Manajemen Bisnis).
  3. Mempunyai minat yang serius dan motivasi yang tinggi untuk menempuh studi di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
  4. Untuk peserta Bidikmisi harus memenuhi persyaratan Bidikmisi

Itulah persyaratan umum calon mahasiswa baru PPNS. Selanjutnya akan diinformsikan tentang kelengkapan berkas yang harus dipersiapkan

Data-data yang harus disiapkan untuk melaksanakan pendaftaran :
  • Data pribadi
  • Data asal SMA
  • Data Orang Tua/Wali (Pekerjaan, penghasilan)
  • Data Nilai dan Riwayat Pendidikan
  • Data Pilihan Program Studi di PPNS
  • Data Pilihan Jalur Seleksi (Reguler/Bidikmisi/Mandiri)
  • File Pasfoto berpakaian rapi dan sopan dengan ukuran file maksimal 2 MB untuk diupload

Selanjutnya akan dibahas jalur-jalur masuk PPNS berikut ini.

A. Pendaftaran PMDK-PN

PMDK-PN atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri merupakan jalur seleksi undangan nasional masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia dimana seleksinya didasarkan pada prestasi akademik dan non akademik yang dimiliki calon peserta selama mengikuti pendidikan jenjang SLTA.

Peserta yang ingin mendaftar jalur ini terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu, dapat melakukan pendaftaran PMDK-PN ke alamat pmdk.politeknik.or.id.

Informasi lebih rinci berkaitan dengan tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jumlah Politeknik dan program studi, daftar Politeknik se-Indonesai, dan ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran PMDK-PN atau Pendaftaran PMDK Politeknik

B. Pendaftaran PMDK-PPNS

PMDK-PPNS adalah jalur seleksi undangan yang diadakan oleh PPNS yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang seleksinya dilakukan ketika siswa-siswi masih berada di bangku sekolah. Apabila siswa-siswi tersebut dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional, maka status sebagai mahasiswa PPNS dibatalkan.

Peserta yang dapat mendaftar jalur PMDK-PPNS harus memenuhi persyaratan umum di atas dan juga persyaratan khusus seperti berikut ini.
  1. Calon peserta merupakan siswa-siswi SMA/MA jurusan IPA/IPS, dan SMK jurusan teknik yang saat ini berada di kelas XII atau telah lulus satu tahun sebelumnya.
  2. Calon peserta dari SMA/MA jurusan IPA, dan SMK jurusan teknik dapat memilih maksimal 3 program studi, sedangkan untuk jurusan IPS hanya bisa memilih program studi Manajemen Bisnis.
  3. Nilai raport rata-rata dari semester I sampai IV untuk mata pelajaran Matematika Fisika/Ekonomi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris minimal 70. 

C. Pendaftaran UMPN

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi tertulis penerimaan mahasiswa baru masuk ke Politeknik Negeri yang dilakukan secara bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia.

Peserta yang dapat mendaftar jalur ini merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, dan SMK jurusan teknik baik Negeri maupun Swasta. Pada saat mendaftar, usia peserta maksimal 24 tahun.

E. Pendaftaran Jalur Mandiri PPNS

Jalur mandiri PPNS merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara khusus oleh PPNS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis dan/atau ujian wawancara.

Calon peserta adalah lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, dan SMK jurusan teknik untuk sekolah Negeri ataupun Swasta. Usia calon peserta pada saat mendaftar yaitu 24 tahun.

F. Pendaftaran Bidikmisi PPNS

PPNS merupakan salah satu Politeknik Negeri yang menyalurkan dana bantuan pendidikan kepada calon mahasiswa baru yang memiliki potensi akademik yang berasal dari kelurga kurang mampu. Dana bantuan tersebut dikenal dengan nama Bidikmisi.

Peserta yag akan mendaftar Bidikmisi terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mendapatkan kode akses pendaftaran. Selanjutnya mendaftar Bidikmsi menggunakan kode akses pendaftaran tersebut dengan membuka alamat bidikmisi.belmawa.ristek.dikti.go.id.

Indormasi lain berkaitan dengan Bidikmisi seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi.

Penting!!!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran mahasiswa baru PPNS, maka dapat anda lihat di pmb.ppns.ac.id
Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya) yang telah diuraikan di atas dapat memberikan pencerahan untuk anda terutama yang akan kuliah di PPNS.

Admin turut mendoakan yang terbaik untuk anda semoga anda bisa lulus seleksi masuk PPNS melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga menguapkan terima kasih kepada pengunjung setia yang selalu berkunjung setiap hari. Sekian penutupan dari admin dan salam sukses untuk kita semua. 

Ayo sukai halaman web kami dan ayo turut berbagi (G+1) informasi ini pada teman lainnya.