Pendaftaran PNUP 2019/2020 (Politeknik Negeri Ujung Pandang)

www.poliupg.ac.id 2019 -- Pendaftaran PNUP, Pendaftaran Mahasiswa Baru PNUP, Penerimaan Mahasiswa Baru PNUP,  Pendaftaran Jalur PMDK-PN, UMPN, Bidikmisi, Jalur Kerja Sama, Pendaftaran Maba Politeknik Negeri Ujung Pandang, Cara Pendaftaran Online PNUP. 2021.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran PNUP 2019/2020 (Politeknik Negeri Ujung Pandang). Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Negeri Ujung Pandang atau disingkat dengan nama PNUP adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10, Tamalanrea Indah, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245.

Awal berdirinya bernama Politeknik UNHAS yang berdiri sejak tahun 1987 kemudian berubah nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Program studi yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) terdiri dari program studi Diploma 3 dan program studi Diploma 4. Berikut selengkapnya :

Program studi D3 yaitu:
  1. Teknik Konstruksi Gedung
  2. Teknik Konstruksi Sipil
  3. Teknik Listrik
  4. Teknik Telkom
  5. Teknik Elektronika
  6. Teknik Mesin
  7. Teknik Otomotif
  8. Teknik Konversi Energi
  9. Teknik Kimia
  10. Teknik Analisis Kimia
  11. Teknik Konsentrasi Alat Berat Trakindo
  12. Administrasi Bisnis
  13. Akuntansi

Program Studi D4/S1 Terapan yaitu:
  1. Teknik Konstruksi Sipil
  2. Teknik Perancangan Bangunan Gedung
  3. Teknik Pembangkit Energi
  4. Teknik Manufaktur/Mesin
  5. Teknik Komputer & Jaringan
  6. Teknologi Kimia Industri
  7. Teknik Multimedia dan Jaringan
  8. Teknik Listrik
  9. Teknik Mekatronika
  10. Administrasi Bisnis
  11. Akuntansi Manajerial

Itulah sekilas informasi mengenai Politeknik Negeri Ujung Pandang. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka kalian memiliki gambaran seperti apa kampus ini.

Melihat program studi yang ada di PNUP, maka cukup banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan, minat, bakat, atau potensi diri lainnya.

Bagi kalian yang ingin menjadi seorang yang kompetitif dan memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneur), maka bisa memilih tempat kuliah yaitu di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Di PNUP kalian akan mendapatkan pendidikan yang sangat diperlukan untuk persiapan memasuki dunia kerja sehingga nantinya saat masuk dunia kerja telah siap.

Kemampuan yang mumpuni akan menjadikan kalian seorang yang dicari dan dibutuhkan oleh Perusahaan. So.. jadilah mahasiswa yang berprestasi agar setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja di perusahaan.

Nah, sekarang yang dapat dilakukan adalah melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru PNUP. Ada beberapa jalur seleksi yang bisa diikuti yaitu jalur PMDK-PN, UMPN, Bidikmisi, dan jalur kerja sama. Berikut penjelasannya.

A. Pendaftaran PNUP Jalur PMDK-PN

PMDK-PN adalah jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri di Indonesia, salah satunya Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jalur PMDK-PN diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang berprestasi yang akan lulus dari Sekolah pada tahun ini.

Kepala Sekolah memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di website PMDK-PN di alamat https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/ pada menu Sekolah . Setelah itu akan mendapatkan username dan password untuk masing-masing siswa. Siswa menggunakan username dan password untuk login ke https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/ pada menu siswa. Lengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut silahkan baca : Cara Pendaftaran Online PMDK-PN

Untuk informasi mengenai persyaratan, jadwal, biaya, pilihan Politeknik, mekanisme seleksi, dan informasi penting lainnya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran Online PMDK-PN atau Pendaftaran Online PMDK Politeknik Negeri

B. Pendaftaran PNUP Jalur UMPN

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi bersama masuk ke Politeknik Negeri namun pengelolaannya dilakukan oleh masing-masing Politeknik Negeri. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis.

Jalur ini bisa menjadi alternatif bagi yang tidak mengikuti jalur PMDK-PN, dan juga bagi yang telah mengikuti PMDK tetapi dinyatakan tidak lulus. Pelaksanan jalur UMPN dibuka setelah jalur PMDK-PN berakhir. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di website masing-masing Politeknik Negeri.

C. Pendaftaran Bidikmisi PNUP

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berpotensi potensi akademik yang baik.

Bidikmisi di PNUP ditujukan bagi calon mahasiswa program D3 dan S1 terapan.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online di website bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Khusus untuk PNUP, informasi tambahan program Bidikmisi yang lain serta informasi mengenai jurusan dan program studi yang tersedia dapat diakses melalui poliupg.ac.id.

Seluruh calon pendaftar program bidikmisi PNUP diwajibkan mengirim kelengkapan berkas secara kolektif atau diantar langsung sebelum jadwal pendaftaran berakhir.

Baca informasi berikut : Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

D. Pendaftaran PNUP Jalur Kerja Sama


PNUP membuka jalur penerimaan mahasiswa baru kelas kerja sama. Kerjasama disini adalah kerja sama PNUP dengan suatu instansi.

Pada tahun sebelumnya, PNUP bekerja sama dengan PT. PLN. Dalam hal ini, jalur yang dibuka yaitu jalur kelas kerjasama PNUP-PLN. Jalur ini merupakan jalur ikatan dinas. Program studi yang dibuka pada kelas kerjasama PNUP-PLN adalah program studi D3 Teknik Listrik.

Seleksi penerimaan / ujian masuk calon peserta kelas kerja sama mengikuti ketentuan sistem rekrutmen pegawai yang berlaku di lingkungan PLN dan ketentuan penerimaan calon mahasiswa PNUP. Seleksi dilakukan secara ketat yang melibatkan pihak internal PT. PLN.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur kerjasama PNUP - PT. PLN silahkan baca langsung di website resmi PNUP di alamat www.poliupg.ac.id


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru PNUP. Silahkan ikuti jalur seleksi yang kalian inginkan dengan prediksi bahwa jalur tersebut dapat memberikan peluang yang besar untuk kelulusanmu.

Jangan lupa mempersiapkan diri sebaik mungkin agar harapan kalian untuk diterima menjadi mahasiswa PNUP dapat terkabulkan. Admin pun turut mendoakan yang terbaik untuk kalian.

Mari Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran PNUP (Politeknik Negeri Ujung Pandang). Mudah-mudahan informasi yang telah admin berikan di atas dapat memberikan manfaat untuk kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses.