Pendaftaran Online UMB-PT 2019/2020

www.spmb.or.id 2019 - Pendaftaran Online SPMB, Panduan Pendaftaran Online UMB-PT, Pendaftaran Online Jalur Ujian Tulis (UMB-PT), Penerimaan / Pendaftaran Online Mahasiswa Baru jalur UMB-PT, Pendaftaran Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT). 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi Pendaftaran Online UMB-PT 2019/2020. Informasi ini disampaikan sebagai pelengkap dari informasi sebelumnya yaitu tentang Pendaftaran SPMB. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.


Informasi ini merupakan lanjutan dari bahasan sebelumnya yaitu tentang Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran Online SPMB. Bagi anda yang belum membaca informasi pada artikel tersebut, silahkan baca terlebih dahulu.

SPMB atau  yang memiliki kepanjangan kata yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru adalah jalur seleksi nusantara penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melakukan ujian tertulis yang diikuti oleh calon mahasiswa.

Pelaksanaan SPMB dilaksanakan oleh suatu badan penyelenggara yaitu Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara atau yang disingkat dengan P-SPMBN. P-SPMBN sebagai badan penyelenggara saat ini menyelenggarakan jalur seleksi calon mahasiswa baru yang terdiri dari jalur UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI. Dari ketiga jalur yang disebutkan di atas, jalur yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah jalur UMB-PT. 

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (PT) adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui ujian tertulis. Hanya ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam UMB-PT.

Untuk tahun-tahun selanjutnya, kita harapkan akan bertambah daftar Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dengan UMB-PT. Dengan demikian, maka calon mahasiswa bisa memilih dan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri  (PTN) yang diminati melalui jalur UMB-PT.

Melihat data tahun sebelumnya bahwa jalur UMB-PT ini cukup banyak peminatnya. Kebanyakan dari mereka yang mendaftar adalah yang tidak lulus mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN. Dari keterangan tersebut dapat disebut bahwa jalur UMB-PT ini sebagai jalur alternatif untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Persiapkanlah diri anda sebaik mungkin agar keinginan anda untuk bisa lulus seleksi jalur UMB-PT dapat terkabulkan. Admin juga mendoakan yang terbaik untuk anda.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui website resminya. Langkah-langkah atau cara pendaftaran UMB-PT dilakukan seperti yang admin jelaskan berikut ini

Cara Pendaftaran UMB-PT
  1. Buka situs resmi pendaftaran UMB-PT yaitu penerimaan.spmb.or.id
  2. Kemudian klik "registrasi"
  3. Isilah formulir pendaftaran online
  4. Jika telah selesai, klik "simpan" 
  5. Anda bisa melihat data anda dengan klik menu "Lihat Data Peserta"
  6. Kemudian pilih salah satu jalur seleksi, pilih jalur UMB-PT.
  7. Selanjutnya Pilih menu registrasi UMB-PT
  8. Pilih menu pembayaran, kemudian klik "simpan"
  9. Pilih Panitia Lokal, Kelompok Ujian, kemudian klik "simpan"
  10. Pilih Program Studi sesuai minat Anda, kemudian klik "simpan"
  11. Kemudian klik tombol "cetak bukti daftar" dan download file tersebut
  12. Membayar Biaya pendaftaran di Bank BNI
  13. Sign in kembali ke alamat penerimaan.spmb.or.id dengan menggunakan email dan password Anda
  14. Klik jalur penerimaan yang ada pilih sebelumnya, yaitu jalur UMB-PT.
  15. Pilih tombol "cetak kartu peserta ujian" dan download file tersebut.
  16. Bawalah kartu tanda peserta saat ujian berlangsung.

Itulah cara-cara pendaftaran yang bisa anda lakukan saat mendaftar UMB-PT. Selanjutnya anda perlu melengkapi informasi dengan mengetahui jadwal pelaksanaan UMB-PT.

Jadwal Pelaksanaan UMB-PT
  • Pendaftaran UMB-PT 2018 dibuka sekitar bulan Mei seperti tahun lalu. Infomasi update akan disampaikan kemudian.

Biaya Pendaftaran UMB-PT

Ketika akan mengikuti seleksi UMB-PT, maka setiap calon peserta UMB-PT diwajibkan membayar biaya pendaftaran di Bank BNI melalui Teller atau ATM. Besarnya biaya telah ditentukan oleh panitia pelaksana. Informasi terbaru menganai biaya seleksi akan diupdate secara berkala.

Lokasi Ujian SPMB

Panitia Penyelenggara Lokal (PPL)
  • Banda Aceh (UNSYIAH), Lhokseumawe (UNIMAL), Meulaboh (UTU), Langsa (UNSAM), Medan (USU), Padang (UNAND), Padang (ISI Padang Panjang), Tanjungpinang (UMRAH), Jambi (UNJA), Palangka Raya (UNPAR), Tarakan (UBT), Banten (UNTIRTA) dengan Sub PPL Tangerang, Jakarta (UT) dengan  Sub PPL UT Pondok Cabe Ciputat, Sub PPL Jakarta, Sub PPL Bengkulu, Sub PPL Pontianak. 
Outlet
  • Outlet Pekanbaru, Outlet Palembang, Outlet Bandar Lampung, Outlet Bogor, Outlet Bandung, dan Outlet Surabaya

Berikut admin akan memberikan daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam UMB-PTN tahun ini.

Daftar nama-nama PTN yang tergabung dalam UMB-PT

Dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda untuk mengikuti seleksi UMB-PT.


Catatan Penting!!! Pada tahun lalu jalur ini tidak dibuka, namun untuk tahun ini belum tahu kepastiannya. Untuk info lebih lanjut silahkan tanyakan langsung di kampus anda yang membuka jalur UMB-PT.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online UMB-PT. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri pilihan anda.

Mari bantu bagikan (G+1) informasi ini kepada teman lain yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk semua.