Pendaftaran Online Tamtama Polri 2019-2020

penerimaan.polri.go.id 2019 - Pendaftaran Tamtama Polri / Polisi / Brimob, Penerimaan Tamtama Polri, Rekrutmen Calon Tamtama Polri, Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Online Tamtama Polri, Penerimaan Brimob, Pendaftaran Brimob, Tahapan Seleksi Tamtama Polri, Informasi Pendaftaran Online Tamtama Polri, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran Online Tamtama Polri 2019-2020. Informasi ini diberikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Kepangkatan Polri sama seperti pada kepangkatan TNI, terdiri dari pangkat yang paling tinggi Perwira, pangkat dibawahnya yaitu Bintara, dan yang paling rendah adalah Tamtama. Yang akan dibahas kali ini adalah Tamtama Polri.

Tamtama Polri disebut juga dengan Brimob yang merupakan prajurit Polri. Bagi Tamtama yang baru lulus seleksi, selanjutnya akan mengikuti pendidikan dalam waktu yang telah ditentukan.

Pendidikan Tamtama Polri memiliki tujuan yaitu membentuk Tamtama Polri sebagai Insan Bhayangkara yang memiliki sikap perilaku, pengetahuan dan keterampilan tugas umum kepolisian dan kemampuan dasar Brimob / Polair didukung dengan kondisi fisik yang samapta sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat.

Bagi anda yang berminat menjadi anggota Tamtama Polri, silahkan daftarkan diri anda. Penerimaan anggota Tamtama diperuntukkan bagi lulusan paling rendah SMA / MA / SMK. Untuk bisa mendaftar, maka harus bisa memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran berikut ini.

A. Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita)
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
  4. Pendidikan paling rendah SMA / Madrasah Aliyah / SMK
  5. Usia minimal 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela
  9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

B. Persyaratan Khusus
  1. Pria bukan anggota/mantan Polri / TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Berijazah serendah-rendahnya SMA / sederajat jurusan IPA / IPS / Bahasa (bukan lulusan Paket A dan B) atau SMK yang sesuai dengan kompetensi tugas Polri (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan kriteria lulus dan diutamakan memiliki kualifikasi mengemudi (dengan melampirkan Surat Izin Mengemudi (SIM B))
  3. Bagi yang masih duduk di kelas 3 SMA/sederajat atau SMK menggunakan nilai rata-rata rapor semester 1 (satu) setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan butir 2
  4. Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Tamtama Polri, minimal 17 tahun 8 bulan dan maksimal 22 tahun
  5. Tinggi badan minimal 165 cm, khusus etnis Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 163 cm;
  6. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama / adat;
  7. Dinyatakan bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN/BNP/BNK);
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian;
  9. Berdomisili minimal 2 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk / Kartu Keluarga dan surat keterangan domisili dari Lurah / Kades setempat dengan diketahui oleh Kapolsek;
  10. Belum pernah menikah dan atau mempunyai anak kandung / biologis serta sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Tamtama Polri, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus, dibuktikan dengan surat keterangan Lurah / Kades;
  11. Bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi Tamtama Polri;
  12. Memperoleh persetujuan dari orang tua / wali;
  13. Tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain;
  14. Bagi calon/peserta yang berusaha menggunakan sponsor / koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon/surat kepada panitia / pejabat yang berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain akan didiskualifikasi
  15. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai /  karyawan :
    • Mendapat persetujuan / rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan
    • bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Tamtama Polri

Mengikuti dan lulus pemeriksaan / pengujian yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
  1. Sistem gugur:
    • pemeriksaan administrasi awal dengan penilaian secara kualitatif (MS/TMS);
    • pemeriksaan dan pengujian psikologi tahap I dengan penilaian secara kuantitatif;
    • pemeriksaan kesehatan tahap I dengan penilaian secara kualitatif (MS/TMS);
    • pengujian kesamaptaan jasmani dengan penilaian secara kuantitatif;
    • pemeriksaan antropometri dengan penilaian secara kualitatif (MS/TMS);
    • pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa) dengan penilaian secara kualitatif (MS/TMS);
    • pemeriksaan psikologi tahap II (wawancara) dengan penilaian secara kualitatif (MS/TMS) ;
    • pendalaman PMK dengan penilaian secara kualitatif (MS/TMS);
    • pemeriksaan administrasi akhir dengan penilaian secara kualitatif (MS/TMS);
  2. Sistem rangking;
    • Pengujian akademik dengan penilaian secara kuantitatif, yang meliputi  :
      • Pengetahuan umum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris;
  3. Sidang terbuka penetapan kelulusan sementara dan kelulusan akhir

C. Download Berkas Pendaftaran

Silahkan download berkas persyaratan pendaftaran Tamtama Polri di halaman : http://penerimaan.polri.go.id/syarat_tamtama dengan menekan tombol microsoft word.

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi sebagai calon Tamtama Polri. Jika anda telah memenuhi persyaratan di atas, maka selanjutnya anda bisa melakukan proses pendaftaran Tamtama Polri. Pendaftaran dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

D. Cara Pendaftaran Online Tamtama Polri
  • Buka alamat website : penerimaan.polri.go.id
  • Pilih dan klik jenis seleksi Tamtama kemudian klik "Daftar"
  • Kemudian isilah formulir pendaftaran online sampai selesai.
  • Jika telah selesai mengisi formulir pendaftaran online, anda akan mendapatkan nomor registrasi dan password.
  • Selanjutnya login kembali ke penerimaan.polri.go.id menggunakan nomor registrasi dan password. Tombol login terletak dibagian atas sebelah kanan.
  • Lengkapi biodata pendaftaran anda
  • Ikuti proses pendaftaran hingga selesai.

Setelah melakukan registrasi online dan mendownload berkas pendaftaran dan mengisinya, selanjutnya melakukan verifikasi berkas di Polres atau Polda setempat dengan membawa kelengkapan berkas pendaftaran yang telah ditentukan.

E. Jadwal Pelaksanaan

Jadwal Pendaftaran telah disampaikan pada artikel sebelumnya. Apabila ingin melihatnya, silahkan kunjungi artikel Pendaftaran Online Polri-Polisi

Setelah mengetahui informasi di atas, maka selanjutnya yang harus anda lakukan sekarang adalah anda mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi berbagai seleksi yang akan diberikan oleh panitia seleksi. Dengan persiapan yang anda lakukan tersebut, semoga bisa memperoleh hasil sesuai yang anda harapkan.

Seleksi hanya dilakukan ditingkat daerah. Jika anda lulus seleksi ditingkat daerah, maka anda akan dinyatakan lulus seleksi. Perlu diketahui bahwa pada saat pelaksanaan seleksi, panitia tidak akan meminta biaya apapun. Jika anda oknum yang meminta sejumlah bayaran, maka silahkan laporkan kepada panitia.

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Penerimaan Polri.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Online Tamtama Polri. Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan dan pencerahan bagi anda khususnya yang akan masuk menjadi Tamtama Polri./Brimob.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus berbagai ujian seleksi Tamtama Polri dan nantinya bisa diterima menjadi anggota Tamtama Polri. Terima kasih telah membaca artikel di web ini dan salam sukses untuk semuanya.

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda agar mereka juga bisa memperoleh infomasi dengan cepat. Caranya klik tombol G+1 yang tersedia, atau share FB. Thanks.