Selamat Datang di web www.infoonline.web.id. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci di kolom search yang tersedia atau dapat mencarinya di sidebar bagian kanan. Kunjungi terus web infoonline.web.id untuk mendapatkan informasi-informasi yang anda butuhkan. Ayo turut berbagi informasi yang ada di web ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran STMKG 2017/2018 (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)

www.stmkg.ac.id 2017 -- PTB STMKG, Pendafaran Taruna Baru STMKG, Pendaftaran STMKG Online, Sekolah Ikatan Dinas STMKG, Info Penerimaan Taruna Baru STMKG, Penerimaan Mahasiswa Baru STMKG, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran STMKG 2017/2018. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon taruna baru STMKG. Ayo ikuti pembahasnnya di bawah ini.

http://www.infoonline.web.id/

STMKG atau Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika adalah sekolah tinggi kedinasan yang ikatan dinas yang diselengarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika.

STMKG merupakan sekolah kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika.

Sejarah singkat pendirian STMKG

STMKG pada awalnya didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG), kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta, kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. 

Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan. 

Pada tahun 2000, BPLMG berubah kembali berubah nama menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan 

Pada 1 Januari 2005 AMG berada dibawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND). 

Pada tahun 2014, AMG berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Perubahan tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tertanggal 23 April 2014.

Itulah sejarah singkat berdirinya Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (STMKG).

Pada saat ini, STMKG telah menyelenggarakan beberapa program studi Jenjang Sarjana Sains Terapan yaitu:
  • Program Studi  Meteorologi
  • Program Studi  Klimatologi
  • Program Studi  Geofisika
  • Program Studi  Instrumentasi

Bagi anda yan berminat untuk menempuh pendidikan di STMKG, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan terlebih dahulu memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Umum

  1. Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-) 2, spheris dan tidak silinder.     
  3. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2017.
  4. Belum menikah dan  bersedia  tidak  menikah selama pendidikan.
  5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  8. Bersedia  bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Persyaratan Akademik

  1. Lulus / akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, serta jurusan yang sesuai dengan kompetensi Program Studi Instrumentasi-MKG.
  2. Lulus / akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (a) tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG. Kompetensi keahlian selain pada butir (a) tersebut tidak dapat  diterima.
  3. Nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  4. Bagi yang sudah lulus SMA/MA/SMK nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 4, 5, dan 6) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).


Tata Cara Pendaftaran
  1. Pendaftaran awal dilakukan melalui portal Panselnas di alamat panselnas.id, buka disini. Calon peserta harus mengisi Nama, NIK, dan Nomor Kartu Keluarga (KK), alamat email yang berlaku, serta password yang dipilih.
  2. Calon akan memperoleh bukti pendaftaran melalui email dari Panselnas. Selanjutnya gunakan Nama, NIK, dan password tersebut untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran di STMKG secara online melalui laman PTB-STMKG dengan alamat ptb.stmkg.ac.id 
  3. Calon akan menerima SMS dan email yang mencantumkan NO. PEMBAYARAN ( 10 digit)
  4. Selanjutnya NO. PEMBAYARAN tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah) sudah termasuk biaya administrasi perbankan. Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui Kantor Bank BNI atau melalui ATM BNI
  5. Setelah melakukan pembayaran di kantor Bank BNI atau ATM BNI, calon akan mendapatkan bukti pembayaran dari Bank BNI atau struk ATM yang mencantumkan No. PIN, atau NO. TAGIHAN atau NO. REGISTRASI (12 digit).
  6. Calon kembali membuka laman Panitia PTB-STMKG dengan alamat ptb.stmkg.ac.id. Masukkan NO. PEMBAYARAN ( lihat no. 3 diatas) sebagai login dan NO. PIN, atau NO. TAGIHAN atau NO. REGISTRASI (12 digit) yang didapatkan dari Bank BNI atau struk ATM BNI sebagai password.
  7. Isilah semua data yang diperlukan, termasuk upload foto diri, dan simpan. Anda akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta PTB-STMKG
  8. Cetak dan simpanlah Tanda Peserta PTB-STMKG. Tanda Peserta ini harus dapat ditunjukkan pada waktu Tes Kemampuan Dasar, Tes Kemampuan Akademik, Wawancara, dan pada waktu Pendaftaran Ulang apabila calon dinyatakan diterima sebagai Taruna.

Jenis Seleksi
  1. Tahap I : Test Kemampuan Dasar (TKD)
  2. Tahap II : Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris (bagi yang telah dinyatakan lulus TKD)
  3. Tahap III : Tes Kesehatan dan Wawancara (bagi yang telah dinyatakan lulus TKB dan termasuk pada kuota wawancara yang ditentukan)

      Info :
      • Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dilaksanakan di 10 (sepuluh) Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (Kanreg BKN) dengan sistim CAT (Computer Assisted Test )
      • Anda dapat memilih lokasi TKD dan TKB terdekat dengan tempat tinggal anda
      • Lokasi TKD dan TKB : Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palangkaraya, Pontianak, Balikpapan, Denpasar, Makassar, Manado, Palu, Kupang, Ternate, Ambon, Manokwari, dan Jayapura

      Jadwal Pelaksanaan STMKG

      Penting!!!
      Untuk informasi lain yang anda butuhkan dapat anda kunjungi secara langsung website resmi STMKG. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi STMKG di alamat ptb.stmkg.ac.id
      Demikian informasi tentang Pendaftaran STMKG yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan dengan adanya informasi tersebut, maka dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon taruna baru STMKG.

      Admin disini turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk STMKG. Selain itu admin juga mengucapkan terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi di website ini.

      Mari bantu bagikan informasi ini keapda teman yang membutuhkan, caranya tekan tombol G+1 yang tersedia lalu piliha teman anda, atau ajak mereka secara langsung untuk membaca informasi disini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.