Pendaftaran IPDN 2019/2020 (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

spcp.ipdn.ac.id 2019 -- Secapra IPDN, Pendaftaran IPDN, Pendaftaran Capra IPDN Online, SPCP IPDN, Seleksi Penerimaan CAPRA IPDN, Sekolah Ikatan Dinas IPDN, Pendaftaran Online IPDN, Syarat Pendaftaran IPDN, Pendaftaran IPDN online, Pendaftaran Calon Praja IPDN, Pendaftaran Praja IPDN Online, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IPDN 2019/2020 (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Dengan adanya informasin ini semoga bisa menjadi acuan bagi anda dalam melaksanakan seleksi calon praja IPDN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Kader pemerintah adalah orang yang memegang peranan penting dalam pemerintahan, misalnya Camat dan lain sebagainya.

Jika anda berminat untuk menjadi Kader Pemerintah, maka anda harus mengikuti suatu seleksi yang disebut dengan Seleksi Calon Praja Instutut Pemerintah Dalam Negeri (Secapra IPDN).

Ketika anda akan melakukan pendaftaran sebagai Capra IPDN, maka terlebih dahulu anda harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran. Berikut informasinya.

A. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Umum:
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saatpembukaan pendidikan IPDN

2. Persyaratan Administrasi:
  1. Berijazah serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA)  atauMadrasah Aliyah (MA) jurusan IPA/IPS termasuk lulusan paket C dengan ketentuan:
    • Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) 
    • Khusus bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 6,50 (enam koma lima nol)
  2. KTP bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP. Bagi yang belum memiliki KTP atau KK menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP dengan NIK yang sama pada saat mendaftar pada website SSCN
  3. Surat keterangan dari Kepala Sekolah atau pejabat berwenang sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA / MA kelas 3 Tahun Ajaran ini
  4. Surat elektronik / e-mail yang masih aktif;
  5.  Pas foto.

3. Persyaratan Khusus:
  1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  2. Tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi pendaftar pria, kecuali karena ketentuan agama / adat;
  3. Tidak bertato atau bekas tato;
  4. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak;
  5. Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan;
  6. Belum pernah diberhentikan sebagai praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  7. Apabila pendaftar dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:
    1. Bersedia untuk tidak Menikah / Kawin selama mengikuti pendidikan;
    2. Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia;
    3. Bersedia ditempatkan pada seluruh kampus IPDN;
    4. Bersedia mentaati segala Peraturan yang berlaku di IPDN;
    5. Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.
  8. Bersedia dikembalikan ke daerah masing-masing tanpa biaya IPDN apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen atau tidak memenuhi persyaratan pendaftaran di atas.
  9. Tatacara dan teknis pengisian persyaratan administrasi secara lengkap dapat dipelajari melalui video tutorial pada website spcp.ipdn.ac.id

B. Mekanisme Pendaftaran
  1. Pendaftaran penerimaan calon Praja IPDN dilakukan melalui Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id (buka disini) sampai dengan pendaftar memperoleh user ID (NIK) dan password dari SSCN melalui e-mail pendaftar 
  2. Selanjutnya pendaftar melakukan login dengan menggunakan password yang diperoleh dari SSCN ke website resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN ke spcp.ipdn.ac.id untuk:
    • Mengisi biodata calon peserta seleksi.
    • Mengunggah scanning dokumen sebagai berikut:
      1. KTP asli atau fotocopy bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK). Bagi yang belum memiliki KTP atau KK, menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP.(dengan format jpg maksimum 1 MB);
      2. Ijazah / STTB asli atau fotocopy legalisir (diunggah halaman depan dan belakang dengan format pdf maksimum1 MB);
      3. Surat keterangan asli berstempel sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran ini yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau Pejabat yang berwenang;
      4. Pas foto berwarna (tidak hitam putih) menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 4x6 cm (ukuran 400 x 600 pixel dengan besaran maksimal 500 KB dan minimal 300 KB dengan format jpg).
    • Antara dokumen KTP atau KK dan Ijazah/STTB mencantumkan data yang sama untuk nama dan tempat tanggal lahir.
    • Mencetak bukti registrasi.
  3. Apabila pendaftar tidak memenuhi ketentuan persyaratan administrasi pendaftaran diatas maka pendaftar dinyatakan gugur.
    • Warga Negara Indonesia;
    • Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saatpembukaan pendidikan IPDN
    • Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.

                                  Sebagai pemberitahuan bahwa, sistem seleksi yang digunakan pada seleksi Capra IPDN ini adalah sistem gugur. Jadi bila peserta gugur di satu tahapan seleksi, maka tidak bisa mengikuti seleksi ke tahap berikutnya.

                                  Sebagai informasi, admin akan memberikan informasi tahapan dan materi seleksi Capra IPDN. Tahapan seleksi berikut dilakukan secara berurutan.

                                  C. Tahapan Seleksi
                                  1. Seleksi Administrasi
                                  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
                                  3. Tes Kesehatan Daerah
                                  4. Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran
                                  5. Verifikasi Faktual Dokumen
                                  6. Tes Kesehatan Pusat
                                  7. Tes Kesamaptaan
                                  8. Tes Wawancara

                                                                Setelah anda melakukan pendaftaran dan dinyatakan lulus seleksi administrasi, selanjutnya anda dapat mengikuti seleksi TKD yang dilakukan di Provinsi. Jika anda lulus TKD, maka anda dapat mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu Tes Kesehatan.

                                                                Setelah dinyatakan lulus Tes Kesehatan, maka tes berikutnya yang harus diikiuti yaitu tes Psikologi dan Tes Integritas & Kejujuran. Dan tes yang paling menantukan yaitu Tes Pantukhir (di IPDN Jatinangor)

                                                                Tes Pantukhir merupakan tes akhir yang menentukan kelulusan capra IPDN. Tes yang diberikan berupa Verifikasi faktual dokumen administrasi, Tes ulang kesehatan, Tes Kesemaptaan, dan Wawancara.

                                                                Jika anda mampu mengikuti tes pantukhir dengan baik dan memenuhi kriteria kelulusan, maka anda akan dinyatakan lulus seleksi dan status anda sekarang adalah "Praja IPDN".

                                                                Admin mengucapkan selamat bagi anda yang lulus seleksi dan ucapan tetap semangat dan mencoba lagi bagi anda yang belum lulus seleksi Capra IPDN tahun ini.

                                                                D. Jadwal Pelaksanaan IPDN

                                                                Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan bagi anda yang ingin mendaftar sebagai calon praja IPDN.

                                                                Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau keluarga anda yang membutuhkan agar mereka dapat memperoleh informasi dengan cepat. Cara membagaikannya yaitu dengan klik tombol G+1 yang tersedia.

                                                                Admin turut mendoakan semoga anda yang mengikuti seleksi IPDN ini bisa lulus dari berbagai macam tes yang diberikan. Terima kasih admin ucapkan untuk pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung. 

                                                                Mari sama-sama berdoa semoga harapan kita untuk sukses semuda mungkin dapat terwujudkan. Amin. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada rekan-rekan lainnya. Jangan lupa pula untuk menyukai halaman web kami.