Pendaftaran PNJ 2019/2020 (Politeknik Negeri Jakarta)

penerimaan.pnj.ac.id 2019 -- PMB PNJ, Pendaftaran PNJ Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru PNJ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PNJ, Pendaftaran Maba PNJ, Pendaftaran D3/D4 PNJ, Penerimaan Maba PNJ, Jalur PMDK-PN, UMPN, Bidikmisi, Jalur Kerjasama, Pendaftran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Jakarta. 2021. 2022.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran PNJ 2019/2020 (Politeknik Negeri Jakarta). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi informasi tambahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Jakarta. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Negeri Jakarta dikenal pula dengan singkatan nama PNJ. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Prof. Dr. G.A Siwabessy, Kampus Baru UI Depok 16424.

Ada banyak jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Berikut adamin berikan untuk anda.

Jurusan Teknik Sipil
  • PS Teknik Konstruksi Gedung (D3), Konsentrasi Manajemen Konstruksi (D3), PS Teknik Konstruksi Sipil (D3), PS Perancangan Jalan dan Jembatan (D4), Konsentrasi Jalan Tol (Kerjasama dengan PT.Jasa Marga) (D4)
Jurusan Teknik Mesin
  • PS Teknik Mesin (D3), PS Teknik Konversi Energi (D3), PS Alat Berat (Kerjasama dengan PT Trakindo Utama) (D3), PS Teknik Manufaktur (D4), PS Pembangkitan Tenaga Listrik (Power Plant) (D4)
Jurusan Teknik Elektro
  • PS Teknik Listrik (D3), PS Teknik Elektronika Industri (D3), PS Teknik Telekomunikasi (D3), PS Teknik Instrumentasi dan Kontrol Industri (D4), PS Teknik Broadband Multimedia (D4), PS Teknik Otomasi Listrik Industri (D4)
Jurusan Teknik Grafika & Penerbitan
  • PS Teknik Grafika (D3), Konsentrasi Desain Grafis (D3)
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer
  • PS Teknik Informatika (D4), PS Teknik Multimedia Digital (D4), PS Teknik Multimedia dan Jaringan (D4), PS Teknik Komputer dan Jaringan (D1)
Jurusan Akuntansi
  • PS Akuntansi (D3), PS Keuangan & Perbankan (D3), PS Keuangan & Perbankan Syariah (D4), PS Akuntansi Keuangan (D4), PS Manajemen Keuangan (D4), PS Keuangan dan Perbankan (D4).
Jurusan Administrasi Niaga
  • PS Administrasi Bisnis (D3), PS Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE) (D4), PS Administrasi Bisnis Terapan (D4)
Jurusan Teknik Grafika & Penerbitan
  • PS Penerbitan (Jurnalistik) (D3), PS Desain Grafis (D4), PS Desain Grafis Kampus Pondok Cabe (D4), PS Penerbitan (Jurnalistik) Kampus Pondok Cabe (D3)
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer
  • Penerjemah Bahasa Inggris (D4)

Dari sekian banyaknya program studi yang ada di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), mungkin salah satunya ada yang anda minai. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

1. Pendaftaran PNJ Jalur PMDK-PN

PMDK-PN atau Politeknik Negeri dan Kemampuan Politeknik Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke Politenik Negeri yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi.

Pengajuan pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi berprestasinya. Siswa-siswi yang telah mendapat rekomendasi akan diberi username dan password untuk digunakan login pendaftaran ke pmdk.politeknik.or.id

Panduan pendaftaran seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, kriteria penerimaan, jumlah pilihan program studi dan Politeknik, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online PMDK-PN atau Pendaftaran PMDK Politeknik Negeri.

2. Pendaftaran PNJ Jalur UMPN

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia.

Jalur UMPN di UNJ biasanya dibuka untuk 2 gelombang. Silahkan ikuti gelombang 1 atau gelombang 2. Berikut tata cara pendaftarannya.

Tata Cara Pendaftaran Online
  1. Buka website penerimaan mahasiswa baru PNJ dengan alamat : http://penerimaan.pnj.ac.id
  2. Lalu klik isi formulir pendaftaran
  3. Isi Formulir tersebut dengan akurat dan sesuai dengan data asli.
  4. Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, maka formulir pendaftaran akan divalidasi secara otomatis dan calon mahasiswa baru akan langsung diberikan akun berupa username dan password. Pemberian username dan password juga dilakukan melalui SMS. 
  5. Setelah mendapatkan akun (username dan password), selanjutnya klik Login untuk melengkapi biodata yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.
  6. Kemudian lakukan “upload photo” untuk melakukan pengunggahan pas foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 atau minimal berukuran 400 x 600 pixel dengan format JPEG.
  7. Setelah pengisian biodata sukses, dilanjutkan dengan melakukan pembayaran formulir pendaftaran berdasarkan jumlah pilihan yang diambil oleh calon mahasiswa (Sejumlah nominal yang diberitahukan oleh system penerimaan PNJ). Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller / ATM / Internet Banking diseluruh cabang Bank Mandiri online dengan menyebutkan kode uni­versitas (10025 untuk Politeknik Negeri Jakarta) dan username (8 digit).
  8. Setelah transaksi pembayaran dilakukan, silahkan menunggu notifikasi melalui SMS
  9. Apabila proses pembayaran sudah berhasil, silahkan melakukan login dengan akun anda (username dan password) untuk melihat status pembayaran formulir.
  10. Apabila proses seleksi administrasi telah berhasil, silahkan login kembali ke dalam web­site untuk mencetak kartu peserta ujian.
  11. Anda diwajibkan membawa kartu peserta ujian saat mengikuti ujian masuk PNJ beserta tanda pengenal.

Itulah tata cara pendaftaran UMPN secara online. Untuk informasi lainnya yang anda perlukan silahkan anda baca di website resmi PNJ di alamat http://penerimaan.pnj.ac.id

3. Pendaftaran PNJ Jalur Bidikmisi

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri, salah satunya Politeknik Negeri Jakarta.

Panduan Pendaftaran
  1. Calon pendaftar mengajukan diri kepada kepala sekolah untuk direkomendasikan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru Program Beasiswa Bidikmisi.
  2. Kepala Sekolah menyeleksi siswa yang memenuhi syarat dan memasukan dalam daftar rekomendasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  3. Siswa yang telah direkomendasikan melakukan pendaftaran langsung secara online melalui laman http://penerimaan.pnj.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi dapat anda baca secara lengkap di alamat web PNJ di http://penerimaan.pnj.ac.id

Perlu diketahui bahwa Bidikmisi di UNJ disalurkan melalui jalur PMDK-PN dan UMPN. Jadi calon peserta Bidikmisi adalah peserta jalur PMDK-PN atau UMPN.

Informasi Bidikmisi secara lengkap telah admin bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran PNJ Jalur Kerjasama

Selain melalui jalur-jalur di atas, PNJ juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur kerjasama. Jalur kerjasama ini diadakan secara bersama-sama antara PNJ dengan Perguruan Tinggi lain atau Perusahaan.

Pada saat ini, PNJ telah melakukan kerjasama penerimaan mahasiswa baru dengan beberapa PTS ternama Universitas Esa Unggul, Universitas Mercu Buana, dan lain-lain serta bekerjasana dengan PT. Badak.

Beberapa keunggulan dari adanya jalur kerjasama PTS ini yaitu Peserta Ujian Masuk PNJ yang tidak diterima atau tidak tertampung di PNJ maka dapat langsung diterima di PTS yang telah bekerjasama dengan PNJ, sedangkan untuk jalur yang berkerjasama dengan PT Badak maka setelah lulus kuliah berpeluang besar untuk langsung bekerja di PT. Badak.

Pendaftaran mahasiswa baru jalur kerjasama dilakukan secara online melalui alamat http://penerimaan.pnj.ac.id . Informasi lebih lanjut silahkan baca melalui alamat tersebut. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di websie resmi PNJ.

Itulah informasi mengenai Pendaftaran PNJ (Politeknik Negeri Jakarta) yang dapat anda sampaikan kepada anda. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Ayo turut berbagi (G+1) informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang sedang membutuhkan. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih dan lanjutkan bacaan anda.