Pendaftaran POLBAN 2019/2020 (Politeknik Negeri Bandung)

www.polban.ac.id 2019 -- SMB/PMDK POLBAN, Pendaftaran POLBAN Online, Pendaftaran Maba POLBAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLBAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLBAN, Pendaftaran D3/D4 POLBAN, PMDK-PN Akademik, PMDK Bidikmisi, PMDK PDD Pekalongan, SMB Ujian Tertulis. Politeknik Negeri Bandung. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran POLBAN 2019/2020 (Politeknik Negeri Bandung). Informasi ini disampaikan terutama untuk anda yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Bandung. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Negeri Bandung atau yang dikenal juga dengan sebutan POLBAN adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Gegerkalong Hilir, Ds. Ciwaruga Kotak Pos 1234 Bandung 40012.

Pada saat ini, Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) telah memiliki 36 program studi terbagi ke dalam dua bidang, yaitu: 
  1. Bidang Teknik terdiri dari 12 Program Ahli Madya dan 12 Program Sarjana Terapan 
  2. Bidang Non Teknik terdiri dari 6 Program Ahli Madya dan 6 Program Sarjana Terapan

Berikut daftar program studi di POLBAN untuk jenjang Diploma III dan Diploma IV.
  • Jurusan Teknik Sipil terdiri dari DIII - Konstruksi Gedung, DIII - Konstruksi Sipil, DIV - TPJJ, DIV - TPPG
  • Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi : DII - Teknologi Teknik Mesin, DIII - Teknik Mesin, DIII - Aeronautika, DIV - TPKM, DIV - Proses Manufaktur
  • Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara terdiri dari program studi : DIII - Teknik Refrigerasi dan TU, dan DIV - Teknik Refrigerasi dan TU
  • Jurusan Teknik Konversi Energi terdiri dari program studi : DIII - Teknik Konversi Energi, DIV - TPTL, dan DIV - Teknik Konservasi Energi
  • Teknik Elektro terdiri dari program studi : DIII - Teknik Elektronika, DIII - Teknik Listrik, DIII - Teknik Telekomunikasi, DIV - Teknik Elektronika, DIV - Teknik Otomasi Industri, DIV - Teknik Telekomunikasi
  • Jurusan Teknik Kimia terdiri dari program studi : DII - Teknik Kimia, DIII - Teknik Kimia, DIII - Analis Kimia, DIV - Teknik Kimia Produksi Bersih
  • Jurusan Teknik Komputer dan Informatika terdiri dari program studi : DII - Teknik Informatika, DIII - Teknik Informatika, DIV - Teknik Informatika
  • Jurusan Akuntansi terdiri dari program studi : DIII - Akuntansi, DIII - Keuangan Perbankan, DIV - AMP, DIV - Keuangan Syariah, DIV - Akuntansi
  • Jurusan Administrasi Niaga terdiri dari program studi : DIII - Administrasi Bisnis, DIII - Manajemen Pemasaran, DIII - Usaha Perjalanan Wisata, DIV - Manajemen Pemasaran, DIV - Administrasi Bisnis, DIV - Manajemen Aset
  • Jurusan Bahasa Inggris terdiri dari program studi : DIII Bahasa Inggris
  • Pascasarjana : S2 Program Studi Rekayasa Infrastruktur

Itulah daftar jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Selanjutnya adamin akan memberikan informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) . Simak penjelasannya berikut ini.

Penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) dikenal dengan sebutan Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) yang dibedakan menjadi 2 yaitu SMB Jalur PMDK dan SMB jalur ujian tertulis.

Untuk SMB Jalur PMDK sendiri dibedakan lagi menjadi 3 yaitu PMDK Prestasi, PMDK Bidikmisi, dan PMDK PDD Pekalongan. 

Calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi jalur PMDK apapun harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah merekomendasikan siswa-siswi berprestasinya dengan mengisi data-data siswa di web PMDK POLBAN di alamat pmdk.polban.ac.id

Alur Pemberian Rekomendasi Oleh Sekolah yaitu :
  • Pra Pendaftaran => Pendaftaran Sekolah => Login Sekolah => Mengisi Profil Sekolah => Pengisian Data Siswa => Membagikan Username dan PIN untuk Siswa => Siswa Melakukan Pendaftaran PMDK

Proses Pendaftaran Sekolah:
  1. Buka halaman web pmdk.polban.ac.id
  2. Pada menu Aplikasi PMDK / Klik Form Pendaftaran Sekolah
  3. Memilih sekolah pada daftar sekolah sesuai kota
  4. Mengisi data pendaftar sekolah
  5. Melengkapi semua data yang diminta dan Kirim Pendaftaran
  6. Menunggu email balasan dari panitia tentang Status Pendaftaran

Penjelasan rinci mengenai masing-masing jalur SMB, Jalur PMDK dan SMB Ujian tertulis admin berikan berikut ini.

1. Pendaftaran POLBAN Jalur PMDK Prestasi

PMDK Prestasi adalah jalur seleksi mahasiswa baru untuk siswa-siswi berprestasi, baik yang berprestasi secara akademik maupun non akademik yang akan lulus Sekolah pada tahun ini.

Persyaratan Umum
  1. Siswa SMA / SMK / MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun
  2. Usia paling maksimal 21 tahun pada saat mendaftar
  3. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah

Persyaratan Khusus
  1. Pasfoto ukuran 4x6 terbaru (warna latar belakang biru atau merah), 2 lembar.
  2. Surat Keterangan Sehat dan tidak buta warna dari dokter (untuk pilihan kelompok Bidang Teknik)
  3. Surat Keterangan Kesanggupan Membayar Biaya Kuliah
  4. Fotokopi akte kelahiran
  5. Fotokopi rapor semester 1 s.d. 5
  6. Fotokopi sertifikat prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuluer, dan ekstra kurikuler minimal di tingkat Kabupaten / Kota yang dicapai selama di Sekolah Menengah.
  7. Rekomendasi dari sekolah

Pendaftaran PMDK Prestasi dilakukan secara online melalui alamat pmdk.polban.ac.id setelah siswa mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Informasi lainnya dapat anda baca di alamat tersebut

2. Pendaftaran POLBAN Jalur PMDK Bidikmisi

PMDK Bidikmisi adalah jalur seleksi  yang diperuntukkan bagi siswa lulusan 1 tahun lalu dan lulusan/yang akan lulus tahun ini yang memiliki kemampuan akademis dan memiliki keterbatasan kemampuan dalam bidang ekonomi.

Persyaratan Umum
  1. Siswa SMA / SMK / MA atau sederajat yang akan lulus pada tahun ini
  2. Lulusan tahun kemaren yang bukan penerima Bidikmisi;
  3. Usia paling maksimal 21 tahun pada saat mendaftar
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar
    • (KIP) atau sejenisnya; atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orang tua / wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;

Persyaratan Khusus

  1. Pasfoto ukuran 4x6 terbaru (warna latar belakang biru atau merah), 2 lembar.
  2. Surat Keterangan Sehat dan tidak buta warna dari dokter (untuk pilihan kelompok Bidang Teknik)
  3. Fotokopi akte kelahiran
  4. Fotokopi rapor semester 1 s.d. 5
  5. Fotokopi sertifikat prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuluer, dan ekstra kurikuler minimal di tingkat Kabupaten/Kota yang dicapai selama di Sekolah Menengah.
  6. Fotokopi KTP orang tua

Pendaftaran PMDK Bidikmisi dilakukan pula secara online melalui alamat pmdk.polban.ac.id setelah siswa mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

3. Pendaftaran POLBAN Jalur PMDK PDD Pekalongan

Jalur PDD Pekalongan diperuntukkan bagi siswa SLTA tertentu yang ada  di Kabupaten Pekalongan yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang berminat kuliah di PDD Pekalongan.

Persyaratan Umum

Semua Sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA / SMK / MA / MAK) yang diundang secara khusus oleh POLBAN maka dapat mengikuti SMB Jalur PMDK PDD Pekalongan.

Persyaratan Khusus

Untuk Sekolah
  1. Pihak Sekolah wajib membuat ranking siswa. Ranking siswa didapatkan melalui perhitungan secara kumulatif nilai rapor dengan mata pelajaran yang akan di ujikan dalam ujian Nasional dari semester 1 s.d 5.
  2. Proses mendapatkan ranking siswa Jurusan IPA terpisah dengan Jurusan IPS dan Bahasa (Jurusan Bahasa masuk dalam klasifikasi Jurusan IPS), untuk SMK / MAK sesuai dengan rumpun jurusannya.
  3. Pihak Sekolah menghitung rata-rata nilai Ujian Nasional 3 tahun terakhir, khusus sekolah yang baru meluluskan dan akan meluluskan maka pengisian sesuai dengan data yang dimilikinya (2 tahun/1 tahun/belum ada data karena baru akan meluluskan pada tahun ini).

Untuk Siswa
  1. Peserta adalah calon lulusan SMA / SMK / MA / MAK. Bagi siswa yang lolos PMB jalur PMDK namun tidak lulus SMA / SMK / MA / MAK, maka kelulusan sebagai calon mahasiswa PDD Polban akan dibatalkan.
  2. Direkomendasi oleh Sekolah.
  3. Siswa dari SMA / MA IPA dan SMK / MAK Teknik dapat memilih satu program studi manapun.
  4. Siswa dari SMA / MA IPS/Bahasa dan SMK / MAK Non Teknik hanya dapat memilih program studi Teknik Informatika.

Sama seperti pada jalur PMDK lainnya bahwa pendaftaran PMDK PDD Pekalongan juga dilakukan secara online melalui alamat pmdk.polban.ac.id setelah siswa mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

4. Pendaftaran POLBAN Jalur SMB Ujian Tulis

Selain menyelenggarakan seleksi jalur PMDK, POLBAN juga menyelenggarakan seleksi jalur Uji Tulis. Seleksi jalur ujian tulis dilakukan sesuai namanya yaitu melalui ujian tertulis untuk semua peserta.

Dasar utama kelulusan adalah hasil ujian tertulis dari setia peserta. Hasil ujian tertulis yang tinggi akan memiliki potensi peserta tersebut nantinya bisa dinyatakan lulus dari jalur ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat smb.polban.ac.id lalu memilih menu pendaftaran. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca di alamat tersebut.

5. Pendaftaran POLBAN Jalur PMDK-PN

Siswa-siswi yang ingin masuk ke POLBAN dapat mengikuti jalur seleksi PMDK-PN. Jalur ini diperuntukkan bagi siwa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Informasi lengkap seperti persyaratan, jadwal, biaya, dan lain-lain dapat dibaca di Pendaftaran Online PMDK-PN dan Pendaftaran Online PMDK Politeknik Negeri.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Silahkan ikuti jalur mana saja yang penting sesuai dengan ketentuan dari jalur yang anda ikuti tersebut. 

Untuk informasi yang belum admin sampaikan disini silahkan langsung baca di web pendaftaran POLBAN di pmdk.polban.ac.id atau smb.polban.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang ada didisini, maka yang berlaku adalah yang ada di web resmi POLBAN tersebut.

Baca Juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran POLBAN (Politeknik Negeri Bandung). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk anda. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Ayo sukai halaman web kami dan berbagi (G+1) atau share (FB) info ini pada teman lainnya.