Pendaftaran PENS 2019/2020 (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

pmb.pens.ac.id 2019 -- PMB PENS, Pendaftaran PENS Online, Pendaftaran Maba PENS, Pendaftaran Mahasiswa Baru PENS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PENS, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana PENS, PMDK-PN, UMPN, SIMANDIRIPENS, D4 Kerjasama PENS-AKATEL, LJ, Pascasarjana, Politeknik Negeri Elekteronika Surabaya, PENS. 2021. 2022.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini yaitu tentang Pendaftaran PENS 2019/2020 (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di PENS. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau yang disingkat dengan PENS adalah Politeknik Negeri yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah didirikan pada 2 Juni 1988.

Pada saat ini, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) adalah satu-satunya Politeknik yang menerapkan program pembelajaran dengan mengkhususkan pada bidang teknik elektro. Jadi, bagi anda yang ingin ahli dibidang elektro, maka dapat menimba ilmu di PENS.

Program Studi yang diselenggarakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk jenjang D1, D2, D3, ataupun D4 terdiri dari :
  • Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer, Teknologi Multimedia Broadcasting, Sistem Pembangkitan Energi, dan Teknologi Game

Dari beberapa program studi yang diselenggarakan oleh PENS terseebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh PENS.

Pada tahun ini, PENS kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK-PN, UMPN, SIMANDIRIPENS, D4 Kerjasama PENS Akatal, LJ, dan seleksi Pascasarjana.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh PENS tersebut, maka anda dapat menyimaknya berikut ini.

A. Pendaftaran PMDK-PN PENS

PMDK-PN atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan Akademik adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Polteknik Negeri di Indonesia.

Seleksi jalur PMDK-PN ini didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai raport dan prestasi lain yang relevan.

Peserta yang akan mendaftar jalur ini harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran PMDK-PN ke alamat pmdk.politeknik.or.id

Untuk informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan jalur PMDK-PN, daftar Politeknik se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran PMDK Politeknik. atau Pendaftaran Online PMDK-PN

B. Pendaftaran UMPN PENS

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis yang dilaksanakan bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

UMPN dilaksanakan setelah PMDK-PN. Jika anda sebelumnya telah mengikuti jalur PMDK-PN tetapi pada saat pengumuman anda dinyatakan tidak lulus, atau bagi anda yang sebelumnya belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur UMPN.

Untuk bisa mendaftar jalut UMPN, maka calon peserta harus memenuhi persyaratan berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran UMPN PENS
  1. Lulusan SMA, MA, SMK, Sekolah Luar Negeri, Lulus Paket C atau sederajat lainnya.
  2. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak menganggu kelancaran belajar
  3. Usia maksimum 21 tahun pada saat mulai pendidikan

Setelah memenuhi persyaratan di atas, selenjutnya dapat melakukan pendaftaran seperti tata cara berikut ini.

Cara Mendaftar UMPN PENS
  1. Silahkan buka alamat www.umpn.pens.ac.id
  2. Lakukan pendaftaran tahap awal pada alamat tersebut lalu cetak tanda bukti telah melakukan pendaftaran tahap awal.
  3. Kemudian membayar biaya pendaftaran di Bank dengan membawa tanda bukti tersebut
  4. Setelah membayr di Bank, maka akan mendapatkan PIN atau kode pendaftaran
  5. Kemudian mengakses kembali alamat di atas menggunakan kode pendaftaran tersebut
  6. Isilah semua data formulir pendaftaran online
  7. Jika telah seleksi, cetaklah kartu peserta UMPN
  8. Bawalah kartu tersebut pada saat ujian tertulis

C. Pendaftaran Bidikmisi PENS

PENS juga merupakan salah satu Politeknik Negeri yang menyalurkan biaya bantuan pendidikan kepada calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu, biaya bantuan tersebut disebut dengan Bidikmisi.

Peserta yang akan mendaftar Bidikmisi terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mendapatkan kode akses pendaftaran. Selanjutnya mendaftar Bidikmisi menggunakan kode akses pendaftaran dari Kepala Sekolah

Pendaftaran dilakukan melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi selengkapnya seperti tata cara pendafaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelakanaan, serta ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi.

D. Pendaftaran SIMANDIRI PENS

SIMAKDIRI PENS merupakan jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh PENS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Persyaratan pendaftaran sama seperti pada jalur UMPN. Untuk mengetahunya, silahkan lihat kembali di atas. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat simandiri.pens.ac.id

E. Pendaftaran D4 Kerjasama PENS-AKATEL

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bekerjasama dengan Akademi Telekomunikasi (AKATEL) Jakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk Program D4 Lintas Jalur Kerjasama, dengan program studi Teknik Telekomunikasi.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus D3 bidang Teknik Telekomunikasi atau sederajat .
  2. Memiliki akses internet.
  3. IPK mininal 2,75

Prosedur Pendaftaran D4 Kerjasama PENS-AKATEL
  1. Calon peserta membeli formulir pendaftaran di kantor BAAK Akademi Telekomunikasi (AKATEL) Jakarta, Jl. Daan Mogot KM.11, Jakarta Barat 11710.
    • Kontak Person: Ibu Yus Natali, 
    • Email: info@akademitelkom.ac.id; Website: www.akademitelkom.ac.id
    • Download formulir Pendaftaran di alamat pmb.pens.ac.id
    • Pembayaran pendaftaran dilakukan pada saat ujian tulis dan wawancara seleksi mahasiswa baru.
  2. Mengisi formulir kelengkapan pendaftaran dan menyerahkan formulir pendaftaran yang telah dilengkapi dengan kelengkapan pendaftaran meliputi:
    • Ijasah asli dan foto copy ijasah program D3 yang telah dilegalisir.
    • Transkrip asli dan foto copy transkrip akademik program D3 yang telah dilegalisir.
    • Fotocopy KTP/SIM.
    • Pasfoto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.
    • Bukti pembayaran biaya pendaftaran.

F. Pendaftaran LJ PENS

LJ PENS merupakan jalur lanjut jenjang yang dibuka oleh PENS untuk menerima mahasiswa lulusan dari Diploma III lanjut ke program Sarjana Terapan (D IV) di PENS untuk program studi :
  1. Sarjana Terapan LJ Teknik Elektronika
  2. Sarjana Terapan LJ Teknik Telekomunikasi
  3. Sarjana Terapan LJ Teknik Elektro Industri
  4. Sarjana Terapan LJ Teknik Informatika

Persyaratan Pendaftaran
  1. Telah lulus dari Program Diploma III untuk program studi yang relevan dari Perguruan Tinggi Negeri dan Politeknik Negeri serta Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi minimal B (dibuktikan dengan copy bukti SK Akreditasi Perguruan Tinggi) 
  2. Program studi tujuan harus linier dengan program studi asal
  3. Lulus ujian masuk Lanjut Jenjang (Tes tulis dan wawancara)

G. Pendaftaran Pascasarjana PENS

Selain menerima mahasiswa jenjang Diploma, PENS juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana S2 Terapan Teknologi Rekayasa untuk 2 program studi yaitu program studi Teknik Elektro, dan program studi Teknik Informatika dan Komputer.

Bagi yang berminat untuk kuliah jenjang Pascasarjana S2 Terapan Teknologi Rekayasa, silahkan kuliah di PENS dengan mendaftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi http://pascasarjana.pens.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda yang akan kuliah di PENS.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga megucapkan terima kasih kepada anda yang selalu setia untuk mengunjungi web ini. Sekian penutup dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang sukses sejak muda. Amin. Ayo berikan jempolnya (Like) untuk halaman web kami dan turut berbagi (G+1) info ini pada yang lainnya.