Pendaftaran Poltekkes Banten 2019/2020

poltekkesbanten.ac.id 2019 -- Sipenmaru Poltekkes Banten, Pendaftaran Online Poltekkes Banten, Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Banten, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Banten, Jalur PMDP, Jalur Gakin, Jalur Reguler, Jalur Mandiri, Jalur Uji Tulis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Banten. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Poltekkes Banten 2019/2020. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi gambaran bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran calon mahasiswa baru Poltekkes Banten. Langsung saja simak informasinya bawah ini.

http://www.infoonline.web.id/

Poltekkes Banten adalah Politeknik Kesehatan Negeri yang merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Kesehatan RI.

Poltekkes Banten berlokasi di alamat : Jalan Syech Nawawi Al-Bantani No. 9 Banjar Agung, Cipocok Jaya Kota Serang - Banten, Indonesia.

Pada saat ini, Poltekkes Banten telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini :
  • D III Keperawatan  Tangerang
  • D IV Keperawatan  Tangerang
  • D III Kebidanan Rangkasbitung
  • D III Analis Kesehatan Tangerang

Dari program studi yang ada tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Poltekkes Banten.

Ada satu hal penting yang harus anda ketahui dan pahami ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru Poltekkes Banten. Apakah itu? jawabnya yaitu jalut-jalur seleksi masuk ke Poltekkes Banten yang dibuka pada tahun ini. Simak informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran Poltekkes Banten Jalur PMDP

PMDP memiliki kepanjangan Penelusuran Minat dan Prestasi . Jalur PMDP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Poltekkes Negeri di Indonesia, salah satunya Poltekkes Banten.

Persyaratan Pendaftaran

Calon peserta yang ingin mendaftar jalur PMDP harus dapat memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus seperti berikut ini.

Persyaratan umum :
  1. Siswa SMU/SMA/MA jurusan IPA dan SMK Kesehatan yang akan lulus pada tahun ini.
  2. Akreditasi sekolah minimal B
  3. Tidak ada nilai di bawah 70 (tujuh puluh) untuk seluruh mata pelajaran dari semester I –  V.
  4. Tinggi badan minimal (pengukuran akan dilakukan oleh Panitia Sipenmaru Diknakes Poltekkes Kemenkes Banten) :
    1. Jurusan Keperawatan ; Laki-laki : 155 cm, Perempuan : 150 cm
    2. Jurusan Kebidanan (khusus perempuan) : 150 cm
    3. Jurusan Analis Kesehatan ; Laki-laki : 145 cm, Perempuan : 145 cm
  5. Setiap pendaftar hanya diperkenankan memilih 1 (satu) jurusan
  6. Pendaftar tidak diperkenankan mengganti jurusan yang telah dipilih dengan alasan apapun
Persyaratan khusus :
  1. Berbadan sehat dan tidak cacat fisik (tidak buta warna, tidak juling/strabismus, tidak gagap, tidak sengau, tidak tremor, tidak kurang pendengaran) yang bisa mengganggu aktivitas kinerja sesuai profesinya.
  2. Melampirkan sertifikat/tanda penghargaan bagi yang mempunyai prestasi di bidang seni, olah raga dan keilmuan.
  3. Bagi peserta dari keluarga tidak mampu (GAKIN), melampirkan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW dan Desa/Kelurahan setempat diketahui oleh petugas sosial dari Kecamatan.

Prosedur Pendaftaran

1. Tahap Persiapan 
  1. Calon peserta mengisi biodata peserta pada alamat http://poltekkesbanten.ac.id/sipenmaru/daftarid/index
  2. Melampirkan surat pengantar dari kepala sekolah  sesuai format, silahkan download di website resmi.
  3. Melampirkan fotokopi sertifikat akreditasi sekolah yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  4. Membayar biaya pendaftaranyang dibayarkan ke rekening Bendahara Poltekkes Banten pada saat menyerahkan berkas
  5. Bagi peserta GAKIN tidak dipungut biaya pendaftaran

2. Tahap Penyerahan Berkas

Berkas yang harus dibawa terdiri dari :
  1. Fotokopi nilai raport semester I s/d V (yang telah di legalisir kepala sekolah)
  2. Biodata peserta (yang telah ditandatangani)
  3. Surat pengantar dari Kepala Sekolah (asli)
  4. Bukti pembayaran (asli)
  5. Pas photo berwarna latar belakang merah ukuran (2 x 3) cm sebanyak 2 lembar  dan  ukuran (3 x 4) cm sebanyak 2 lembar
  6. Warna Map :
    • Kuning : D-III Keperawatan Tangerang
    • Merah  : D-IV Keperawatan Tangerang
    • Biru : Kebidanan Rangkasbitung
    • Hijau : Analis Kesehatan Tangerang
  7. Semua berkas pendaftaran dimasukkan ke dalam amplop yang berisi map berwarna sesuai dengan peminatan jurusan kemudian diantar langsung ke panitia

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur PMDP silahkan lihat di website resmi Poltekkes Banten.

2. Pendaftaran Poltekkes Banten Jalur Umum

Jalur umum merupakan jalur seleksi masuk ke Poltekkes Banten yang seleksinya dilakukan secara tertulis. Jalur ini dibuka setelah jalur PMDP berakhir.

Calon peserta melakukan pendaftaran tahap awal ke alamat pendaftaran berikut : poltekkesbanten.ac.id/sipenmaru/daftarid/index . Setelah mengisi data pendaftaran awal, kemudian sistem akan mengirimkan No. Pendaftaran ke E-mail Anda. Selanjutnya, silahkan login dan lengkapi data-data pendaftaran Anda di alamat http://poltekkesbanten.ac.id/sipenmaru

Pada jalur umum ini, calon peserta dapat memilih maksimal 2 program studi pilihan, sedangkan pada jalur PMDP di atas calon peserta hanya dapat memilih 1 pilihan program studi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur Umum maka dapat anda baca secara langsung pada alamat http://poltekkesbanten.ac.id atau http://poltekkesbanten.ac.id/sipenmaru

Itulah informasi tentang jalur PMDP dan jalur Umum masuk ke Poltekkes Banten. Untuk informasi yang belum diberikan disini silahkan lihat langsung di website resminya, dan apabila ada perbedaan atau perubahan informasi, maka yang berlaku adalah yang ad di website resmi.

Baca Juga : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes lengkap

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Poltekkes Banten. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Admin mengucapkan terima kasih ata swaktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca artikel di web ini. Cukup sekian, dan salam sukses selalu untuk kita semua.