Pendaftaran Poltekkes Maluku 2019/2020

www.poltekkes-maluku.ac.id 2019 -- Sipenmaru Poltekkes Maluku, Pendaftaran Online Poltekkes Maluku, Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Maluku, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Maluku, Jalur PMDP, Jalur Jalur Uji Tulis, Gakin, DPTK, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Poltekkes Maluku 2019/2020. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam mendaftarkan diri mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru.

http://www.infoonline.web.id/

Poltekkes Maluku adalah Politeknik Kesehatan Negeri yang berada di Maluku yang terdapat Jl. Laksdya Leo Wattimena, Negeri Lama - Ambon.

Pada saat ini Poltekkes Maluku telah memiliki beberapa jurusan seperti berikut ini :
  • Jurusan Analis Kesehatan, Jurusan Gizi, Jurusan Kebidanan, Jurusan Keperawatan, Jurusan Kesehatan Lingkungan

Selanjutnya, bagi anda yang berkeinginan untuk mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru Poltekkes Maluku, silahkan daftarkan diri anda dengan memilih salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru berikut ini.

Sebelum anda memahami tiap-tiap jalur seleksi masuk ek Poltekkes Maluku, anda perlu mengetahui persyaratan umum pendaftaran untuk tiap jalur tersebut. Berikut informasinya.

Persyaratan Umum Pendaftaran
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Lulusan dari :
    • Lulusan SMU/SMA/MA atau sederajat untuk jalur UMUM, GAKIN, DPTK dan PMDP dengan peminatan IPA (Pilihan Prodi yang dapat dipilih Jurusan Keperawatan & Kebidanan) dan IPA/IPS (Pilihan Prodi yang dapat dipilih Jurusan Kesling, Gizi & Analis Kesehatan). 
    • Lulusan SMK dengan dengan peminatan Keperawatan, Kebidanan & Analis Kesehatan dapat memilih Jurusan/Prodi yaitu Keperawatan atau Kebidanan, Gizi & Kesling.
    • SMK dengan peminatan Keperawatan, Kebidanan & Analis, Farmasi, dan SMAK (Sekolah Menengah Analis Kimia) dapat memilih Jurusan/Prodi Analis Kesehatan.
    • Untuk SMK / MAK peminatan Tata Boga, Akomodasi  Perhotelan, Agrobisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, SUPM (Jurusan Perikanan) dapat memilih Jurusan/Prodi Gizi & Kesling,
    • Khusus untuk Prodi Kesling lulusan STM/SMK Non Kesehatan dengan peminatan Teknik permesinan, Teknik gambar bangunan)
  3. Berusia paling tinggi 27 tahun (pada saat pendaftaran) kecuali peserta TUBEL dan IBEL sedangkan PMDP adalah siswa/siswi yang akan lulus pada tahun ini.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Poltekkes
  5. Persyaratan Tinggi Badan minimal :
    • Jurusan Keperawatan, 155 cm untuk laki-laki dan 15 cm untuk perempuan
    • Jurusan Kebidanan, 150 cm khusus perempuan
    • Jurusan Kesling, Gizi, dan Analis Kesehatan minimal 150 cm untuk laki-laki dan 145 cm untuk perempuan

1. Pendaftaran Poltekkes Maluku Jalur PMDP

PMDP memiliki kepanjangan kata yaitu Penelusuran Minat Dan Prestasi. Jalur PMDP adalah jalur seleksi masuk ke Poltekkes yang diperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi. Prestasi menjadi dasar utama seleksi jalur PMDP. Prestasi yang dimaksud terutama dilihat dari nilai raport.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus dapat memenuhi persyaratan umum seperti di atas dan juga persyaratan khusus seeprti berikut ini.

Persyaratan Khusus Jalur PMDP
  1. Peserta tidak memiliki nilai ( Teori & Praktek) kurang dari 70 untuk setiap mata pelaajar sejak semester I s/d Semester V
  2. Bila nilai skala 1-4, maka harus dikonversi ke skala 1-100 sesuai peraturan yang berlaku
  3. Memiliki Penghargaan/Prestasi tingkat Institusi maupun tingkat Kabupaten/Provinsi/Nasional dalam bidang keilmuan, seni dan olahraga yang dibuktikan dengan sertifikat (seperti kegiatan kurikuler lomba karya tulis ilmiah, olimpiade, cerdas cermat dan kegiatan ko kurikuler seperti olah raga & kesenian). 
  4. Setiap peserta hanya dapat memilih satu program studi
  5. Memliki Piagam Akreditasi dan SK Akreditasi sekolah yang dilegalisir
  6. Memasukkan berkas lainnya antara lain :
    • Pas Foto 4 x 6 cm hitam putih 6 lbr
    • Surat  kelakuan baik dari kepala sekolah
    • Surat  Rekomendasi dari Kepala Sekolah
    • Surat pernyataan bersedia tidak menarik biaya pendidikan (form terlampir)
    • Surat Pernyataan bersedia mematuhi peraturan pendidikan (form terlampir)
    • Surat pernyataan bersedia menanggung biaya pendidikan (form terlampir)
    • Surat Keterangan Hasil Pengukuran Oleh Petugas Meja I
    • Membayar biaya pendaftaran

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda lihat langsung di website resmi Poltekkes Maluku di alamat www.poltekkes-maluku.ac.id atau bertanya langsung pada panitia melalui alamat email : direktorat@poltekkes-maluku.ac.id

2. Pendaftaran Poltekkes Maluku Jalur Uji Tulis/Jalur Umum

Jalur umum merupakan jalur seleksi masuk ke Poltekkes Maluku untuk masyarakat umum yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis dan bagi yang lulus harus mengikuti ujian berikutnya yaitu ujian kesehatan.

Jalur umum ini dikenal juga denga sebutan jalur ujia tulis karena memang seleksi tahap pertama yang dilakukan adalah ujian tertulis.

Calon peserta yang ingin mendaftar jalur umum ini harus dapat memenuhi persyaratan umum seperti yang telah dijelaskan di atas.  Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca di wesmi Poltekkes Maluku di alamat www.poltekkes-maluku.ac.id atau bertanya langsung pada panitia dengan mengirim email ke : direktorat@poltekkes-maluku.ac.id

3. Pendaftaran Poltekkes Maluku Jalur Gakin

Jalur Gakin merupakan jalur seleksi masuk ke Poltekkes Maluku yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari keluarga miskin.

Persyaratan Khusus Jalur Gakin
  1. Calon peserta seleksi berasal dari keluarga miskin dibuktikan dengan Surat Keterangan Miskin dari Kelurahan/Desa (bila perlu dilakukan kunjungan rumah dan Mekanisme seleksi sama dengan peserta umum
  2. Memasukkan berkas lainnya antara lain :
    • Pas Foto 4 x 6 cm hitam putih 6 lembar
    • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah
    • Surat pernyataan bersedia tidak menarik biaya pendidikan (form terlampir)
    • Surat pernyataan bersedia mematuhi peraturan pendidikan (form terlampir)
    • Surat pernyataan bersedia menanggung biaya pendidikan (form terlampir)
    • Surat Keterangan Hasil Pengukuran Oleh Petugas Meja I
    • Membayar biaya pendaftaran sesuai jumlah pilihan program studi

Untuk informasi lainnya dapat anda baca di www.poltekkes-maluku.ac.id atau bertanya melalui email : direktorat@poltekkes-maluku.ac.id

4. Pendaftaran Poltekkes Maluku Jalur DTPK

Jalur DTPK merupakan jalur seleksi masuk ke Poltekkes Maluku yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

Calon peserta yang berasal dari DTPK dapat mengikuti seleksi jalur ini dan harus bisa memenuhi persyaratan umum di atas. Informasi lebih lanjut silahkan lihat di www.poltekkes-maluku.ac.id atau bertanya melalui alamat email : direktorat@poltekkes-maluku.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke Poltekkes Maluku. Silahkan anda pilih salah satu jalur seleksi sesuai keinginan anda. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca Selengkapnya : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Poltekkes Maluku. Semoga apa yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk anda semua. Cukup sekian dan terima kasih. Jangan lupa terus kunjungi web ini untuk membaca informasi yang tersedia. Like halaman web kami yang ada di sebelah kanan.