Pendaftaran STPN 2019/2020 (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)

ptb-stpn.ac.id 2019 -- Sepencatar STPN, Pendaftaran Taruna Baru STPN, Pendaftaran STPN Online, Sekolah Ikatan Dinas STPN, Info Penerimaan Taruna Baru STPN, Penerimaan Mahasiswa Baru STPN, Pendaftaran Online STPN, Sekolah Tinggi Pertahanan Negara (STPN). 2021. 2022.

Informasin yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran STPN 2019/2020 (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional). Dengan adanya informasi pada artikel ini, diharapkan dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon taruna baru STPN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

STPN atau Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional adalah Sekolah Tinggi Kedinasan dibawah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yaitu berada dibawah naungan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pada awalnya STPN bernama Akademi Agraria yang telah didirikan sejak tahun 1963. Melihat tahun pendirian tersebut, maka STPN dapat digolongkan sebagai salah satu perguruan tinggi kedinasan tertua yang ada di Indonesia.

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) berlokasikan di Jl. Tata Bhumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293 Telp: 0274-587239.

Pada saat ini, STPN telah memiliki 3 Program Studi, yaitu :
  • Program Studi D-I PPK, Program Studi  D-IV Pertanahan, dan Program Pendidikan Khusus (Prodiksus) PPAT

Bagi anda yang ingin menambah wawasan ilmu pengetahui tentang Pertanahan, maka anda bisa menuntut ilmu di STPN ini.

STPN merupakan sekolah tinggi kedinasan yang bergerak dibidang agraria/pertahanan dibidang keilmuan, teknologi, pemberdayaan pada masyarakat, dan bidang-bidang lain berkiatn dengan agraria/pertahanan.

Pada tahun ini, STPN kembali melakukan penerimaan calon taruna baru untuk dididik dan dilatih menjadi ahli menjadi seorang yang profesional di bidang Pertanahan.

Untuk bisa mendaftar, maka calon taruna terlebih dahulu harus bisa memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

A. Persyaratan Pendaftaran Progam Studi D-I PPK
  1. Lulusan SMA / SMU / Madrasah Aliyah Jurusan IPA atau Peminatan Matematika dan Ilmu Alam serta SMK/STM Jurusan Survey Pemetaan, atau Jurusan yang linier dengan Program Studi Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.
  2. Usia maksimum 23 tahun
  3. Nilai rata-rata mata pelajaran Matematika kelas X s.d. XII minimum 7,5 (tujuh koma lima).
  4. Tinggi badan minimum, Perempuan: 160 cm, Laki-laki: 165 cm

B. Mekanisme Pendaftaran Calon Taruna STPN
  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.ptb-stpn.ac.id
  2. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN harus mempunyai akun email yahoo atau gmail. Bagi yang belum mempunyai email, silahkan baca cara buat email baru.
  3. Calon Peserta PCT STPN mendaftarkan email ke Aplikasi PCT STPN Online.
  4. Setelah mendaftarkan email akan mendapatkan pemberitahuan untuk membayar biaya pendaftaran PCT STPN
  5. Calon Peserta PCT STPN membayar Biaya pendaftaran ke Bank Mandiri Cabang Godean dengan mencantumkan nomor tagihan yang ditujukan kepada: BPn 030 STPN Yogyakarta
  6. Pembayaran hanya menggunakan Slip Setoran/Transfer melalui Teller Bank. Dalam Slip dicantumkan: PCT D-I PPK-STPN tahun ini, Nama Pendaftar dan Nomor Tagihan. Contoh Pengisian Slip dapat diunduh di di web www.ptb-stpn.ac.id
  7. Bukti pembayaran discan atau difoto dan diupload ke Aplikasi PCT STPN Online ke alamat www.ptb-stpn.ac.id
  8. Setelah mengunggah bukti pembayaran, akan menerima pemberitahuan username dan password yang dapat digunakan untuk Login dan mengisi formulir pendaftaran.
  9. Calon Peserta PCT STPN mengisi dan mencetak formulir dengan ukuran kertas F4, surat pernyataan, dan label map pada Aplikasi PCT STPN Online.
  10. Pendaftar mengirimkan berkas pendaftaran melalui jasa pos atau jasa pengiriman/jasa kurir resmi lainnya kepada : Panitia PCT Program D-I PPK STPN Kotak Pos 1216  Yogyakarta 
  11. Pada bagian luar Amplop berkas harus ditempel Label Map yang dicetak dari Aplikasi PCT STPN Online.
  12. Berkas pendaftaran terdiri dari:
    • Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap.
    • Foto copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun ini) yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
    • Foto copy rapor dari kelas X s.d XII yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
    • Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, berdasi, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 (satu)  lembar (harus sama dengan foto pada formulir pendaftaran).
    • Foto copy bukti setor biaya pendaftaran sebanyak 1 (satu) lembar (pada bukti setor tercantum nama pendaftar dan nomor pendaftaran).
    • Surat pernyataan mengisi data pada formulir dengan benar dan kesediaan menerima segala keputusan Panitia PCT Program DI PPK STPN, termasuk hasil tes kesehatan dan pengukuran tinggi dan berat badan yang ditandatangani di atas meterai (Surat Pernyataan dicetak melalui aplikasi PCT Online.
  13. Seluruh isi berkas pendaftaran harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan.
  14. Panitia tidak melayani berkas susulan.

C. Pelaksanaan Ujian Program Studi D-I PPK

Setiap calon taruna yang ingin diterima di STPN harus melewati beberapa tahapan ujian berikut ini :
  1. Ujian Tertulis
  2. Ujian Kesehatan
  3. Ujian Stereoskopis
  4. Ujian Wawancara
  5. Ujian Fisik/Jasmani
  6. Lokasi Ujian bertempat di STPN Yogyakarta.
  7. Biaya Ujian Kesehatan dan Ujian Fisik / Jasmani dibebankan pada Peserta Ujian.

D. Jadwal Pelaksanaan
  • Pendaftaran dibuka sekitar bulan Juni. Jadwal lengkap silahkan lihat di website resmi.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran STPN. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi STPN. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) info ini pada teman lainnya

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk STPN. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pembaca setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi yang ada. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses untuk semua.