Pengumuman US SD MI SDLB 2019

Pengumuman US SD / MI / SDLB 2019 -- Pengumuman Hasil Ujian Sekolah SD MI SDLB Online, Penilaian (skoring) hasil US SD MI SDLB, Pengumuman Kelulusan Siswa SD MI SDLB, Pengumuman Hasil Ujian Sekolah SD MI SDLB, Pengumuman US SD MI SDLB. 2021. 2022.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pengumuman US SD MI SDLB 2019. Informasi ini disampaikan terutama bagi siswa-siswi SD MI SDLB yang ingin melihat pengumuman hasil US. Mari simak informasinya berikut ini.


US atau Ujian Sekolah merupakan ujian tahap akhir sebagai penentu kelulusan siswa jenjang SD, MI, atau SDLB.

Siswa-siswi yang dinyatakan lulus US berarti lulus dari Sekolah. Dengan demikian, maka setiap siswa tentunya berharap dirinya bisa lulus US.

Siswa-siswi yang telah dinyatakan lulus US, maka selanjutnya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke SMP/MTs atau sederajat lainnya.

Dalam menentukan kelulusan hasil US dan kelulusan dari satuan pendidikan jenjang SD MI SDLB, panitia menggunakan beberapa kriteria seperti berikut ini yang dikutip dari "Salinan Lampiran Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 045/H/HK/2015 Tanggal : 17 Desember 2015". Berikut informasi selengkapnya.

A. Kriteria Kelulusan US/M
  1. Peserta didik dinyatakan lulus US/M apabila peserta didik telah Memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan Pendidikan berdasarkan perolehan nilai US/M
  2. Kriteria kelulusan US/M ditetapkan melalui rapat pendidik sebelum pelaksanan US/M yang mencakup:
    • nilai minimal setiap mata pelajaran US/M; dan
    • nilai rata-rata minimal mata pelajaran US/M

B. Kriteria Kelulusan Dari Satuan Pendidikan
  1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah:
    • menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
    • memeroleh nilai sikap / perilaku minimal baik; dan
    • lulus US/M.
  2. Kriteria peserta didik telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran ditentukan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik berdasarkan laporan hasil belajar dari kelas I semester 1 sampai kelas VI semester 2.
  3. Kriteria nilai sikap/perilaku peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik. 4. 
  4. Kriteria peserta didik lulus dari US/M ditentukan satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik.

C. Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan

Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan diumumkan paling lambat empat minggu setelah pelaksanaan US/M.

Dari informasi di atas, jika kita lihat dari segi pengumuman US saja, bahwa pengumuman US akan diumumkan di 4 minggu setelah pelaksanaan US/M yang penentuan kelulusannya ditentukan berdasarkan rapat dewan pendidik.

Pengumuman US akan diumumkan di Sekolah masing-masing atau di kantor Dinas Pendidikan setempat. Untuk metode pengumumannya terserah Sekolah atau Dinas Pendidikan yang mengaturnya. Apakah itu secara online atau diumumkan secara langsung di Sekolah atau melalui amplop.

Secara umum bahwa pengumuman US SD MI SDLB akan diumumkan secara langsung di Sekolah atau dengan cara siswa dikasih amplop yang berisikan surat pernyataan lulus atau tidak lulus. Namun ada pula yang mengumumkan secara online di Sekolah-sekolah tertentu.

Tambahan Informasi : Pengumuman US di Kota Pangkal Pinang

Pengumuman US secara online dilakukan oleh Sekolah-sekolah yang berada di Kota Pangkal Pinang. Pengumuman diumumkan melalui Situs Pemerintah Kota Pangkal Pinang. 

Berikut tata cara melihat pengumuman US Online di Kota Pangkal Pinang
  1. Buka alamat http://dinpendikpkp.go.id
  2. Klik pada SD/MI/MIN yang dituju.
  3. Lalu masukan nomor peserta pada menu yang tersedia
  4. Berikutnya klik tombol "cari"
  5. Selanjutnya akan muncul keterangan tentang kelulusan siswa. Silahkan dibaca dengan baik keterangan yang muncul
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pengumuman US SD MI SDLB. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda yang membutuhkan.

Admin mengucapkan selamat untuk adik-adik yang dinyatakan lulus US, dan ucapan tetap semangat dan jangan menyerah untuk adik-adik yang dinyatakan tidak lulus US. Cukup sekian dan terima kasih

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.